Aplikasi Android Pembelajaran Huruf Hijaiyah Beserta Tanda Bacanya pada TK Ar Raihan

Irfan Ismunandar, Rudi Prasetya, Nunu Kustian

Abstract


Rancangan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah untuk membantu mengembangkan minat para murid dalam mempelajari bahasa arab. dengan menggunakan menggunakan aplikasi ini maka guru akan mudah mengajari murid muridnya karena terdapat suara di dalam aplikasi tersebut. metodologi  pengembangan sistem yang digunakan merupakan metodologi waterfall, metode waterfall dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan-tahapan perencanaan, permodelan, konstruksi, serta penyerahan sistem ke para pelanggan / pengguna, yang diakhiri dengan dukungan pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan. Pada pengujian aplikasi pembelajaran terdapat kuisioner. Dan peneliti menarik kesimpulan bahwa dengan pembelajaran yang masih konvensional berubah menjadi aplikasi yang dapat mempermudah dalam belajar, menambahkan minat murid dalam belajar dan menjadikan efektif dalam belajar.

 


Keywords


Android; Aplikasi Pembelajaran; Huruf Hijaiyah

Full Text:

PDF

References


Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.

Dani, R., Sugiharto, A., & Winara, G. A. (2015). Aplikasi Pengolahan Citra Dalam Pengenalan Pola Huruf Ngalagena Menggunakan MATLAB. Konferensi Nasional Sistem & Informatika.

Dimyati, M. dan. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Teaching and Educations.

Fadly, M., Suhendro, D., & Syahputra, A. (2019). Perancangan Aplikasi Persediaan Barang dan Bahan Makanan Menggunakan Metode FIFO pada KFC Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 13(1), 48. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2019.13.1.527

Gunawan, W. (2019). PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH. Jurnal Informatika. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5373

Paraya, G. R., & Tanone, R. (2018). Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 4(3), 397–406. https://doi.org/10.28932/jutisi.v4i3.870

Pebriani. (2012). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf melalui Permainan Menguraikan Kata di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Agama. Jurnal Pesona PAUD.

Pramana, H. W. (2012). Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rosa A.S, and M. S. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Obyek). In Bandung: Modula. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Safaat, N. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung. In Android.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.1137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: