Sistem Informasi Tagihan Sarana Air Bersih Badan Usaha Milik Masjid Nurul Hidayah

Tri Yuwono, Mercy Hermawati

Abstract


Badan Usaha Milik Masjid (BUMM) Nurul Hidayah memiliki Sarana Air Bersih (SABER). Sistem yang diterapkan dalam penagihan biaya penggunaan air pada SABER BUMM Nurul Hidayah masih dilakukan pencatatan secara manual, pelanggan untuk mendapatkan informasi tagihan dan pembayaran masih dengan cara datang langsung ke BUMM, pelacakan pembayaran pelanggan masih memakan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan petugas dalam pengelolaan data pelanggan, menginformasikan nominal tagihan kepada pelanggan tanpa mendatangi pelanggan, memudahkan pengurus BUMM dalam melakukan perhitungan pembayaran tagihan, memudahkan akses sistem dimana saja untuk dapat menerima informasi berupa tagihan yang sudah tersimpan di database. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, studi pustaka. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem infromasi berbasis android yang memudahkan pembayaran tagihan pelanggan dan memudahkan petugas BUMM dalam manajemen perhitungan, pencatatan, pemantauan pembayaran pelanggan dan penyajian laporan.


Keywords


Sistem Informasi; Tagihan Sarana Air Bersih; Android

Full Text:

PDF

References


Anwar, C. (2017). Aplikasi Pelayanan Pelanggan Berbasis Android Pada PDAM Giri Tirta Sari Kabupaten Wonogiri. Teknologi Informasi, 2(1), 21–27.

Dianta, Indra Ava Danang, N. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Pelanggan Air Bersih Berbasis Android Pada Bumdes Lantongau. Journal Ilmia Komputer Grafis, 15(2), 1–13.

Gupita, A., Setyahuni, S. W., Reza, A., Makna, S. P., & Prasetyo, D. (2022). Aplikasi Tirtanadi Berbasis Android Sebagai Solusi Tagihan Air Warga Di Desa Kalisidi Kabupaten Semarang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 628–637. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.890

Hikam, M. A., Syauqi, A., & Nabyla, F. (2021). Sistem Informasi Pembayaran Air Pamsimas Bumdes Mendala Jaya Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban (JSITP), 2(2), 6–11.

Humairoh, A. P., Listari, S., & Syarif, R. (2021). Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i1.566

I Kadek Juniastha, I Made Agus Wirawan, I. K. R. A. (2014). Rekening Air Minum Berbasis Android Dengan Quick Response Code Di Pdam. 3(November), 411–418.

Norma Datu Karua, Akhmad Qashlim, S. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pembayaran Air Bersih Di Pdam Kabupaten Mamasa Berbasis Mobile. Peqguruang: Conference Series, 2.

Pandiangan, C., Purba, D. H. P., Jamaluddin, J., & Silalahi, M. P. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Biaya Tagihan Pemakaian Air Bersih Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtauli Kota Pematangsiantar. Majalah Ilmiah METHODA, 11(3), 185–193. https://doi.org/10.46880/methoda.vol11no3.pp185-193

Sari, J., & Syafrizal, A. (2024). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Dan Perhitungan Tagihan KWH Meter Listrik Pasca Bayar di PT. Mahiza Karya Mandiri. Jris: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.56486/jris.vol4no1.426

Suriyani, I. (2020). Sistem Informasi Pembayaran Rekening Air Berbasis Web Pada Pamsimas Jorong Panyalai. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 21–26. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4833




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.11115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: