Penerapan MVVM (Model View Viewmodel) pada Pengembangan Aplikasi Bank Sampah Digital
Abstract
Pengembangan aplikasi Bank Sampah Digital telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan dan mempromosikan praktik daur ulang secara efisien. Dalam rangka meningkatkan kinerja dan kualitas perangkat lunak, penerapan pola arsitektur menjadi penting. Salah satu pola arsitektur yang mendapat perhatian adalah Model View ViewModel (MVVM). Penelitian ini mengeksplorasi penerapan pola arsitektur MVVM pada pengembangan aplikasi Bank Sampah Digital. Melalui pendekatan eksperimental, aplikasi prototipe dikembangkan menggunakan teknik-teknik MVVM dan dibandingkan dengan pendekatan pengembangan tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MVVM secara signifikan meningkatkan keterpisahan antara tampilan (view) dan logika bisnis (model), memungkinkan pengembang untuk mengelola kode dengan lebih efisien dan memperbaiki skalabilitas serta maintainability aplikasi. Selain itu, pengujian fungsional dan performa menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan dengan pola MVVM menghasilkan kinerja yang lebih baik dan lebih responsif dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Temuan ini memberikan landasan yang kuat bagi pengembang perangkat lunak untuk mengadopsi pola arsitektur MVVM dalam pengembangan aplikasi Bank Sampah Digital dan aplikasi serupa lainnya, dengan harapan meningkatkan efektivitas dan daya tarik pengguna serta memberikan kontribusi positif terhadap upaya pelestarian lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borman, R. I., Priandika, A. T., & Edison, A. R. (2020). Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 8(3), 272. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40273
European and National Experiences. (2013). In Private Television in Western Europe. https://doi.org/10.1057/9781137017550.0006
Maghfiroh, E. F., Fahrurozi, Y., Lestari, W., & Prajoko, S. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Pulung Berbasis Android untuk Mendigitalisasi Bank Sampah Kuncup Mekar Kelurahan Wates Kota Magelang. CSPE: Journal of Community Service in Public Education, 2(2), 70–83. https://journal.untidar.ac.id/index.php/cspe
Muzaki, A., Ramadhan, F., Rahayu, G. S., Al Ghifari, M. F., Pratama, M. R., Kamisik, R. A., Sani, S. A., Lestari, M., & Septiani, N. W. P. (2024). Perancangan Sistem Tracking Pengiriman Barang Multi Logistik. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 5(1), 210–216. https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.10724
Nuzul, G. (2024). Bank Sampah : Aplikasi Bank Sampah Berbasis Android. 10(1), 392–396.
Pratiwi, D. (2016). Pengenalan Pengolahan Sampah Untuk Anak-Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Media Banner. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1), 49–54. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i1.491
R. Krasko, & A. Osikin. (2020). Clean Architecture for Android Application. 256–257. https://elib.psu.by/bitstream/123456789/31154/1/256-257.pdf
Riyadhi, I. M., Intan Purnamasari, & Kamal Prihandani. (2023). Penerapan Pola Arsitektur Mvvm Pada Perancangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android. Infotecth Journal, 9(1), 147–158. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5246
Setiyani, L. (2021). Desain Sistem : Use Case Diagram Pendahuluan. Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi 2021, September, 246–260. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19517
Syafitri, Y. (2016). Pemodelan Perangkat Lunak Berbasis UML Untuk Pengembangan Sistem Pemasaran Akbar Entertainment Natar Lampung Selatan. Cendikia, 12(1), 31–39.
DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i2.11071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: