Aplikasi Sistem Perhitungan Rekomendasi Destinasi Wisata di Jawa Timur Menggunakan Metode SMART

Gilang Alfi Syahri Ramadhan, Agus Dwi Churniawan, Ayouvi Poerna Wardhanie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu suatu perusahaan di bidang jasa penyedia wisata yakni Birentcar Travel Agency untuk menentukan sistem perhitungan rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur, khususnya di wilayah Malang dan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART), metode ini dipilih karena dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan yang bersifat multi kriteria. Teknik pengambilan keputusan multi-atribut ini merupakan teknik perhitungan matematis yang membantu pengambil keputusan secara otomatis mengevaluasi dan memberi peringkat pada banyak kemungkinan alternatif. Jika nilai alternatif pertama hasil perhitungan mendapatkan nilai yang paling terbesar maka akan dijadikan sebagai rekomendasi yang dipilih, sedangkan untuk nilai yang terkecil akan dimasukkan sebagai rekomendasi dengan urutan yang lebih tidak direkomendasikan.Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi sistem perhitungan berbasis website dan penilaian ranking yang meliputi perhitungan nilai bobot, kriteria, alternatif, dan utiliti sebagai penentuan rekomendasi wisata yang berdasarkan hasil dari penilaian perankingan sehingga hasil tersebut dapat membantu calon pelanggan dalam menentukan rekomendasi wisata di Jawa Timur khususnya di wilayah Malang dan sekitarnya.


Keywords


Destinasi wisata; Perhitungan; SMART; Sistem Pendukung Keputusan; Travel Agency

Full Text:

PDF

References


Yoki Firmansyah, U. (2018). Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika –Vol. 4 No.1 2018Penerapan Metode SDLC Waterfall DalamPembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi SholehKabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Program Studi Manajemen Informatika, AMIK BSI Pontianak, 2-3.

M. Safii, D. A. (2018). Penerapan Metode Simple Multi Attribute Ratting Technique (SMART) Sebagai Motivasi Pegawai Dalam Peningkatan Prestasi. Jurnal Mantik Menusa, 170.

Ahmad Fitri Boy, D. S. (2019). Penerapan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dalam Pengambilan Keputusan Calon Pendonor Darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Tanjung Morawa. SAINTIKOM, 205-215.

Mei Prabowo, M. (2020). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.

Dwi Novianti, I. F. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart (Simple Multi-Attribute Rating Technique) (Studi Kasus : Kota Samarinda). Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul, Periode Maret 2016, 461-263.

Mus Aidah, H. R. (2018). Sitem Pendukung Keputusan Pemilihan Destinasi Wisata Di Sulawesi Tengah Menggunakan Metode SMART. Sistem Informasi, STMIK Adhi Guna, 26.

Dadang Hardiwan, A. J. (2019). The linkages and impact of plantation-based sectors on economy and poverty in Jambi province, Indonesia: Miyazawa’s input-output model. Agricultural and Resource Economics:International Scientific E-Journal, 6-7.

Ivang Fahmi Fauzi, A. R. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Rekomendasi Wisata Dengan Menggunakan Metode Profile Matching dan SMART. Informatics And Digital Expert (INDEX), 54-59.

Fandli Supandi, W. D. (2018). Analisis Resiko Pada Pengembangan Perangkat Lunak Yang Menggunakan Metode Waterfall Dan Prototyping. Prosiding Seminar Dinamika Informatika (SENADI)., 83-84.

Yumarlin MZ, S. N. (2023). Implementasi Metode Smart Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Desa Sadar Wisata (Studi Kasus Desa Taman Yogyakarta). Jurnal Informasi Interaktif Vol.8 No.3, 2-6.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.10862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: