Implementasi Firebase Realtime Pada Aplikasi Self-Order Restoran Berbasis iOS
Abstract
Perkembangan teknologi aplikasi memberikan dampak signifikan pada gaya hidup masyarakat modern, terutama dengan hadirnya aplikasi inovatif seperti Pick 'n Serve yang mengatasi antrian di restoran melalui platform mobile iOS. Dikembangkan dengan Firebase Realtime Database, aplikasi ini memastikan akses real-time terhadap informasi menu, pesanan, dan ketersediaan. Integrasi model bisnis, perhatian terhadap kebutuhan pelanggan, dan penerapan metode pengembangan Waterfall membuat Pick 'n Serve berhasil meningkatkan efisiensi dan pengalaman pemesanan. Metode Waterfall memberikan struktur pengembangan terorganisir dengan langkah-langkah jelas dari perencanaan hingga implementasi. Hasil pengujian mencerminkan kinerja baik, memudahkan pengguna dalam pemesanan, dan efektif mengurangi antrian di restoran. Skor tinggi dari uji penerimaan pengguna (UAT) mencerminkan penerimaan positif terhadap aplikasi ini. Dengan memanfaatkan teknologi Firebase dan pendekatan pengembangan yang terstruktur, Pick 'n Serve diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan pertumbuhan bisnis restoran dalam era digital, menjadikannya solusi holistik untuk adaptasi terhadap perubahan kebutuhan konsumen dan tuntutan pasar yang terus berkembang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albarracín, L., Ärlebäck, J., Civil, E., & Gorgorió, N. (2019). Extending modelling activity diagrams as a tool to characterise mathematical modelling processes.
Mathematics Enthusiast, 16(1), 211–230. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1455
Dahunsi, F. M., Joseph, A. J., Sarumi, O. A., & Obe, O. O. (2021). Database Management System for Mobile Crowdsourcing Applications. Nigerian Journal of Technology(NIJOTECH), 40(4), 713–727. https://doi.org/10.4314/njt.vxxix.xx
Dissanayake, G. N. (2020). A Study on Real-Time Database Technology and Its Applications. https://thekeep.eiu.edu/theses/4822
George Richard Payara, & Radius Tanone. (2018). Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 4(3), 397–406. https://doi.org/10.28932/jutisi.v4i3.870
Hayat, C., Rahardja, E., & Pasamboan, F. (2019). Implementasi Model View Controller pada Aplikasi Pemesanan Makanan Platform Sistem Operasi Android. SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi, 5(1). http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id
Khairun Nisa Meiah Ngafidin, Arista, A., & Nisa Sofia Amriza, R. (2021). Implementasi Firebase Realtime Database pada Aplikasi FeedbackMe sebagai Penghubung Guru dan Orang Tua. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(2), 327–334. https://doi.org/10.29207/resti.v5i2.2909
Kusumo, L. N., Wijanto, M. C., Tan, R., & Royandi, Y. (2023). Implementasi Realtime Cloud Service dalam Pengelolaan Nilai Tugas Akhir Mahasiswa. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(2). https://doi.org/10.28932/jutisi.v9i2.6566
Machmudi, M. A. (2019). Peran Teknologi Informasi dalam Usaha Meraih Kesempatan Masa Depan Organisasi. Jurnal TRANSFORMASI, 15(1), 87–95.
Maesaroh, S., Rianti Lubis, R., Nur Husna, L., Widyaningsih, R., Susilawati, R., & Maulia Yasmin, P. (2022). Efektivitas Implementasi Manajemen Business Intelligence pada Industri 4.0. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 69–75. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.764
Miftakhul Rizqi. (2023). Perubahan Sosial Budaya Dalam Modernisasi Dan Teknologi Dipandang Dari Proses Belajar. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(4), 58–64.
Pujianto. (2021). Aplikasi Pemesanan Makanan Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Berbasis Android. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 3(2), 48. https://doi.org/10.21927/ijubi.v3i2.1589
Sambas, & Ipan Ripai. (2022). Implementasi Dan User Acceptance Test (UAT) Aplikasi Integrated Library System (INLIS Lite) Di MTs Negeri 7 Kuningan. ICT Learning.
Satrya Perbawa, D., & Setiawan Nurohim, G. (2020). Pengujian Aplikasi Berbasis Website Dengan Black Box Testing Metode Boundary Value Analysis Dan Responsive Testing. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 12, 4.
Setiyani, L. (2021). Desain Sistem : Use Case Diagram. Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi.
Shonta, A. A., Hamidah, L. N., Hasan, M., Dewi, M. M., Astuti, Y., & Wulandari, I. R. (2022). Penerapan Firebase Realtime Database Pada Aplikasi Media Informasi dan Pendaftaran Training IT Berbasis Android. Jurnal media informatika budidarma, 6(3), 1517. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4040
Shukla, A., Suryawanshi, S., Bhilare, S., Nair, P., & Kadam, Y. (2022). Implementation of firebase in service-based andriod application. International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science, 04(05), 1958–1961. www.irjmets.com
Suherni, P. (2021). Aplikasi Sistem Informasi Transaksi Pelayanan Obat Di Apotek Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal SANTI (Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 1(2).
Taufik, Ruki Rizal Nul Fikri, & Isnandar Agus. (2023). Uji Black Box Pada Sistem Informasi Minat Bakat Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal teknika, 17(1), 255–239. http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika
Trimbakrao Gaikwad Bharati Vidyapeeth, A., Chougale, P., Yadav, V., Gaikwad, A., & Vidyapeeth, B. (2022). Firebase-Overview And Usage. Article in Journal of Engineering and Technology Management. www.irjmets.com
Varma, J. (2019). What Is SwiftUI. In J. Varma (Ed.), SwiftUI for Absolute Beginners: Program Controls and Views for iPhone, iPad, and Mac Apps (pp. 1–8). Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-5516-2_1
DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i4.10680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: