Implementasi Web Service Menggunakan Restful Api pada Aplikasi Pemesanan Sarung Goyor Suhutex

Muhammad Fakhri Ikhwanuzaki, Irma Handayani

Abstract


Suhutex merupakan perusahaan dagang dibidang tekstil yang menghasilkan produk kerajinan kain tenun sarung goyor. Mekanisme sistem pemasaran dan rekapitulasi pada Perusahaan Suhutex masih menggunakan cara konvensional, yaitu proses pemasaran dilakukan dengan cara dijual ke agen pengepul dengan proses rekap data yang dilakukan secara manual, sehingga rentan terhadap kesalahan dalam proses pembukuan. Berdasarkan kondisi yang telah diketahui, penilitian bertujuan untuk menghasilkan sistem baru pada Perusahaan Suhutex yang dapat memudahkan produsen dan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), sehingga dihasilkan aplikasi pemesanan sarung goyor dengan memanfaatkan web service dan teknologi RESTful API untuk memudahkan produsen dan pelanggan dari mulai proses pemasaran, rekap data, dan juga penyampaian informasi kepada pelanggan. Teknologi RESTful API pada aplikasi pemesanan sarung goyor Perusahaan Suhutex digunakan sebagai integrasi antara web dan mobile dalam pengolahan data sarung goyor dari mulai gambar, harga, kategori, dan keterangan produk.


Keywords


Sarung Goyor; Rest API; Web Mobile; Web Service

Full Text:

PDF

References


Afiifah, K., Azzahra, Z. F., & Anggoro, A. D. (2022). Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review. Intech, 3(2), 18–22. https://doi.org/10.54895/intech.v3i2.1682

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & aplikasi riset pendidikan.

Fadillah, F. A. (2020). Pengertian Web Service.

Hasbi Maula, M., & Kusumaningsih, D. (2022). Implementasi Web Service Pada Aplikasi Pesan Pakaian Toko Snacksnake Collection. Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) Jakarta-Indonesia, September, 1201–1209.

Pangestu, D. Y., & Wijaya, T. (2019). Penerapan Web Service Untuk E-Commerce Makro Komputer Sintang. 2, 175. http://www.sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/enter/article/view/837

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Setiadi B, S. (2017). Sistem Integrasi Pemesanan Pada Dropshipper Dan Pemenuhan Barang Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Cimahi Dengan Menggunakan Teknologi Web Service. Prosiding SNATIF, 4, 153–160.

Sibagariang, S. (2016). Penerapan Web Service Pada Perpustakaan Berbasis Android. Jurnal Maharjana Informasi.

Soufitri, F. (2019). Perancangan Data Flow Diagram Untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada Smp Plus Terpadu). Ready Star, 2(1), 240–246.

Umami, Z., & Ningrum, N. K. (2021). Pengujian Implementasi Rest Api Pada Website Sistem Pencarian Informasi Produk Fashion Di Shopee. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 3(2), 69–82. https://doi.org/10.24176/sitech.v3i2.5671




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.10486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: