Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Toko Mebel H Ahmadi Berbasis Android

Noviyan Syamsuwardi, Irma Handayani

Abstract


Toko mebel H Ahmadi merupakan toko mebel di Bendungan, Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, yang menjual berbagai perabotan rumah seperti kursi, lemari, meja, sofa dan tempat tidur guna memenuhi interior rumah tangga. Perkembangan zaman sekarang membuat kebutuhan mebel meningkat dikarenakan selain beruguna untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari juga bisa digunakan sebagai hiasan rumah. Untuk sekarang penjualan di toko mebel H Ahmadi masih mengunakan metode konvensional yaitu pembeli datang ke toko. Hal tersebut dapat menimbulkan ketidak puasan pembeli dan dinilai masih kurang efektif. Untuk itu media penjualan perlu dikembangkan dengan cara memanfaaatkan perkembangan Teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat membantu pembeli untuk melihat mebel melalui smartphone dengan efektif tanpa perlu berkeliling sebelum menentukan pemilihan mebel, pembeli hanya perlu menjalankan aplikasi yang dapat memunculkan visualisasi objek 3D furniture berupa kursi, lemari, meja, sofa dan tempat tidur. Dengan begitu pembeli akan lebih tertarik dan mencoba melakukan visualisasi objek 3D mebel yang berada di aplikasi. Aplikasi tersebut menggunakan library Vuforia yang dapat menyimpan data marker dan dimasukan ke Unity untuk menampilkan objek 3D kedalam sebuah lingkungan nyata melalui smartphone android. Aplikasi ini memiliki fitur scand marker untuk menampilkan objek 3D yang dapat berputar, dan terdapat simulasi furniture untuk melihat produk tersebut.


Keywords


Mebel; Android; Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


Al Hakim Musthof, agus A. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Mebel Jepara Berbasis Android. Seminar Nasional KMICE’08, IV Nomor 1(1), 1–30. https://www.cambridge.org/core/product/identifier/CBO9781107415324A009/type/book_part

Arifin, R. W., & Anwariya, S. D. (2021). Penerapan Augmented Reality berbasis Android sebagai Media Promosi di Toko Furniture Jery Meubel. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(2), 260–266. https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v20i2.415

Atmanto, E. A., Pudjoatmodjo, B., & Sularasa, A. (2021). Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Mutiara Furniture Berbasis Android Menggunakan Metode MDLC. E-Proceeding of Applied Science, 7(6), 3412–3419.

Mahardika, P. A., Suyadnya, I. M. A., & Saputra, K. O. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Dekorasi Ruangan dengan Memanfaatkan Teknologi Markerless Augmented Reality. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), 3(1), 82–90. https://doi.org/10.29303/jcosine.v3i1.238

Putra, R. P. (2019). Aplikasi Interior Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Skripsi.

Rahma Saptia, A. (2019). Aplikasi Simulasi Dekorasi Rumah Menggunakan Teknologi Augmeted Reality. Universitas Teknologi Yogyakarta, 1–12.

Rustam, Y. W. A. (2021). Perancangan Aplikasi Mobile Katalog Furniture Menggunakan Teknologi Augmented Reality. INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 13(2), 97–122. https://doi.org/10.37424/informasi.v13i2.121

Setiawan, T., & Waworuntu, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Visualisasi E-Catalog Furniture Menggunakan Teknologi Realitas Tertambah Berbasis Android. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan …, 8(1), 1178–1193. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisiana/article/view/351%0Ahttp://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisiana/article/download/351/285

Sholeh, M., Suraya, S., & Andika, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus Pada Kosakata Peralatan Mebel). National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 1(1), 64–77. https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.6

Wahyu, Y., Putra, S., Kurniawan, A., Informatika, T., Komputer, F. I., & Sri, U. S. (2022). 351-1197-1-Pb. 6(2), 14–21.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.10485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: