Perancangan Aplikasi Penyewaan Ruang Serbaguna PT Reethau Jakarta

Kirana Zalfaa Kusuma, Herlinda Herlinda, Nani Muliyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi penyewaan ruang serbaguna berbasis java netbeans pada PT Reethau Jakarta yang saat ini belum menggunakan aplikasi untuk pengolahan data penyewaan ruang, pihak PT Reethau masih mengolah data penyewa secara manual dan General Affair mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang penyewa ruang serbaguna. Penelitian ini dilakukan di PT Reethau Jakarta yang beralamat di jalan Darmawangsa Raya No.8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160 Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Pengembangan sistem yang digunankan adalah SDLC (System Development Life Cycle). Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya aplikasi penyewaan ruang serbaguna berbasis java netbeans pada PT Reethau dapat memudahkan General Affair untuk mengolah data penyewa dan membantu penyewa dalam mendapatkan informasi tentang ruangan serbaguna yang sesuai dengan kebutuhan penyewa.


Keywords


Perancangan Aplikasi; Penyewaan; Ruang Serbaguna; SDLC

Full Text:

PDF

References


Al-Bahra Bin Ladjamudin. (2013). Analisis dan Desain Sitem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Juniardi, Yudha, N. I. (2018, Agustus). theresiawati,+03-407-966-1-PB. Retrieved from file:///C:/Users/HP/Downloads/ SUMBER%20REFRENSI%20TA%20KIRANA/theresiawati,+03-407-966-1-PB.pdf.

Lestar, Indah, S. L. (2022). Rancang bagun aplikasi sewa ruang kantor. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 2, 132-140.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Patappari, Andi, , A. M. (2021). Perancangan Aplikasi Penyewaan Ruang Meeting. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika “JISTI”, 39-49.

Sibero, Alexander F. K. (2013). Web Programing Power Pack. Yogyakarta: MediaKom.

Soetam, Rizky. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamto & Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Suyodti, A. W. (2014). Rancang Bangun SIstem Informasi Monitoring Penyewaan Gedung dan Infrastruktur Teknoogi Informasi. Jakarta: Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.10472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: