Perancangan Sistem Informasi Penyedia Jasa Binatu pada CV Safari Laundry

Ravi Zarazka Putra, Rini Amalia, Fitriyah Puspita

Abstract


CV Safari Laundry adalah perusahaan penyedia jasa yang bergerak dibidang bisnis binatu kiloan dengan konsep cuci dan setrika. Dalam Proses transaksi, penerimaan binatu masih dicatat dalam nota, tanda bukti atau faktur antara penjual dan pelanggan tidak ada backup data dan laporan transaksi masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi penyedia jasa binatu berbasis desktop pada CV Safari Laundry, sehingga sistem informasi binatu akan lebih efisen dan efektif. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode waterfall, dimana perancangan sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah sistem informasi penyedia jasa binatu bebasis desktop pada CV Safari Laundry dengan alat bantu perancangan sistem Diagram Aliran Data (DAD), Entity Relationship Diagram (ERD), dengan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans IDE, dan database MySQL menggunakan Xampp. Perancangan sistem informasi penyedia jasa binatu memiliki beberapa hasil keluaran yaitu tentang laporan daftar pelanggan, laporan status pencucian, laporan pembayaran, laporan rinci laundry

Keywords


perancangan; sistem informasi; penyedia jasa binatu

Full Text:

PDF

References


Fajarwati, A. (2018). Perancangan Sistem Informasi Laundry Berbasis Desktop Pada Toko Amanah Laundry. Universitas Indraprasta PGRI Jurusan Teknik Informatika.

Indrajani. (2015). Database Design (Case Study All In One). PT Elex Media Komputindo.

Kusrini. (2007). Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data (A. Triyuliana (ed.); Edisi I). CV Andi Offset.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML (A. Pramesta (ed.); Edisi I). CV Andi Offset.

Okkatis, N. (2016). Sistem Aplikasi Laundry di PT Anugrah Kurnia Primatamaitle. Universitas Indraprasta PGRI Jurusan Teknik Informatika.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Buku 1. Andi.

Priyadi, Y. (2014). Kolaborasi SQL Dan ERD Dalam Implementasi Database (I). Andi Publisher.

Rosyida, S., & Riyanto, V. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Data Laundry Pada Rumah Laundry Bekasi. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 29–36. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.611

Shalahuddin, M. dan R. A. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Sutanto, D. K. (2017). Perancangan Sistem Informasi Jasa Laundry Pada Resik Laundry Berbasis Java. Universitas Indraprasta PGRI Jurusan Teknik Informatika.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: