Studi Meta-Analisis Metode Total Physical Response (TPR) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Lia Monita, Agung Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh metode Total Physical Response (TPR) pada pembelajaran bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-jurnal nasional. Pengaruh penelitian-penelitian yang menerapkan pembelajaran Total Physical Response (TPR) dianalisis dengan teknik meta-analisis. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian- penelitian yang dilakukan berpengaruh dan efektif terhadap hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik dengan effect size 0.478 atau dalam kategori efek besar. Metode Total Physical Response (TPR) pun memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi jenjang pendidikan, dan penerapan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, penguasaan kosakata, dan keterampilan menyimak. Simpulan penelitian ini adalah bahwa metode Total Physical Response (TPR) lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir pada pelajaran Bahasa Inggris dibandingkan dengan metode pembelajaran lain dari studi ini.


Keywords


Total Physical Response; teknik meta-analisis; effect size; hasil belajar Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Izzan, A. (2010). Metodologi pembelajaran bahasa inggris, Bandung: Humaniora.

Iskandar. (2013). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial. Ciputat: Referensi.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Borenstein, M., Larry V. H., Julian P.T., Higgins, Hannah, R. R. (2009). Introduction to Meta-analysis. United Kingdom: John Wiley and Sons Publication. 2009.

Piggot, T. D. (2012). Advances in meta-analuysis: Statistics for social and behavioral sciences. USA: Springer.

Kadir. (2017). Meta-analysis of the effect of learning intervention toward mathematical thinking on research and publication of students. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society.

Glass. (2012). Meta-analysis of research on class size and achievement. Jstore, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/jedu.v1i1.4412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Address: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Barat., Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
JEdu: Journal of English Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.