Pengaruh Metode Inkuiri dengan Pendekatan Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Dhea Nurdilla, Indra Martha Rusmana, Condro Endang Werdinigsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk membahas tentang pengaruh metode inkuiri dengan pendekatan project based learning terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest Only Control Design, dan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMP PGRI Karadenan. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes esai. Uji hipotesis menggunakan uji “t”, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh dengan signifikan pada taraf 5%  dan diperoleh . Karna benar  adalah . Hal ini menunjukan bahwa diterima dan  ditolak, dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam pengaruh metode inkuiri dengan pendekatan project based learning terhadap pemahaman konsep matematika.

Keywords


Metode Inkuiri, Project Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika

Full Text:

PDF

References


Ariani, N. (2017). peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Di Kelas VII SMP Negeri 1 Toragamba Tahun Pelajaran 2016/2017. S I G M A, III(1), 38-47.

Herawati, O. P., Siroj, R., & Basir, D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, IV(1), 71-80. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/312

Humedi. (2017). Deskripsi Percakapa Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Socrates Saintifik. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/27735/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Nawalinsi, & Masruri, M. S. (2016). Keefektifan Pendekatan Scientific dengan Metode PjBL, PBL, dan Discovery Learnig dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2), 101-114. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article?download?12578/8885

Rusmana, I. M. (2015). Efektivitas Penggunaan Media ICT Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Ilmiah pendidikan MIPA, II(3), 198-205. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/102/97

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suja, I. W. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran. Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM), 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dhea Nurdilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.