Pengaruh Kemampuan Metakognisi dan Kreativitas Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Fitri Oktaviani, Muhamad Farhan, Agus Supandi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan metakognisi dan kreativitas belajar secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) pengaruh kemampuan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) pengaruh kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survei korelasional di Sekolah Menengah Atas PGRI 4 Jakarta pada siswa kelas X. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Instrumen penelitian ini berupa 30 butir angket kemampuan metakognisi, 30 butir angket kreativitas belajar dengan menggunakan skala Likert dan 5 butir soal kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil uji hipotesisnya dengan taraf signifikan 5% atau α = 0,05 yaitu: (1) terdapat pengaruh yang cukup signifikan kemampuan metakognisi dan kreativitas belajar secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) terdapat pengaruh yang cukup signifikan kemampuan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) terdapat pengaruh yang cukup signifikan kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Keywords


Kemampuan Metakognisi, Kreativitas Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF

References


Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Dewi, N., C. (2020). Penerapan strategi pembelajaran edutainment dalam meningkatkan kreativitas belajar anak usia dini. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(1), 54–66.

Farhan, M. & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata KuliahKalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann’s Error Analysis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2): 121-134.

Farhan, M. & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2): 227–240.

Faridah, N. S., & Ratnaningsih, N. (2019). Analisis kemampuan berpikir divergen siswa dalam menyelesaikan masalah open ended. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan. PEDIR: Journal of Elementary Education, 1(2), 28–40.

Gunawan, Y., I., P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74–84.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VII dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1); 44-54.

Hidayah, N. (2022). Pandangan terhadap problematika rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 6593–6601.

Ihsan, M. (2016). Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2); 129-139.

Imayanti, I., Syarifuddin, S., & Mikrayanti, M. (2021). Analisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah relasi dan fungsi pada siswa SMP. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 1–8.

Ismail, I., Sinaga, B., & Sriadhi, S. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan e-modul Flipbook berbasis pendekatan santifik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3307–3315.

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 210–218.

Kartika, R. W., Megawanti, P. & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216.

Khoirunisa, L., & Hartati, L. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa 3(2); 106-114. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2011

Kurnia, F., Farhan, M., & Isnaningrum, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Pada Materi SPLDV. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 69-82.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33–47.

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134-144.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 8-13.

Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah pendidikan nasional; faktor-faktor dan solusi yang ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127–137.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Nuryadi, N., dkk. (2022). Model pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berorientasi pada kemampuan numerasi. K-Media.

Panggayuh, V. (2017). Pengaruh Kemampuan Metakognitif Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 2(1), 20–25.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68–84.

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: kedudukan, peran, dan persepektif permasalahan dalam pembelajaran matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28.

Safitri, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1): 11-21.

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344.

Suratno (2011). Kemampuan Metakognisi dengan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) pada Pembelajaran Biologi SMA dengan Strategi Jigsaw, Reciprocal Teaching (RT), dan Gabungan Jigsaw-RT. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 11-18.

Sutrisno, T., Eva, L., M., & Werdiningsih, C., E. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 5(1)

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344.

Suryani, A., Maulana, M., & Julia, J. (2016). Pengaruh pendekatan Course Review Horay (CRH) terhadap pemahaman matematis dan motivasi belajar matematika siswa Sekolah Dasar pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 81–90.

Syam, S., Rahman, U., & Nursalam, N. (2016). Pengaruh pengetahuan metakognisi dan gaya belajar visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. MaPan: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 4(2), 231–244.

Widyaningrum, H. K., & Rahmanumeta, F. M. (2016). Pentingnya strategi pembelajaran inovatif dalam menghadapi kreativitas siswa di masa depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 268–277.

Winiarsih, I., Hakim, A., R., & Sari, N., I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254

Zakiah, N., E. (2016). Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Teori dan Riset matematika (TEOREMA), 1(1). http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i1.125

Zakyah, N., Tiro, M., A., & Side, S. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Divergen, Kemampuan Metakognisi, Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Di Kabupaten Bone. Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi Teori dan Aplikasi Statistika), Vol. 1, 97-109.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitri Oktaviani, Muhamad Farhan, Agus Supandi.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.