Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional Pekalongan dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika

Siti Malihatus Saniyah, Adi Satrio Ardiansyah

Abstract


Etnomatematika merupakan salah satu penerapan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan budaya. Objek kajian etnomatematika dalam penelitian ini adalah makanan tradisional Pekalongan, Sego Megono. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksplorasi etnomatematika pada makanan tradisional Pekalongan yang dikaitkan dengan pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan objek berupa makanan tradisional Pekalongan, Sego Megono, ini dapat dikaitkan dengan materi Persamaan Linear Satu dan Dua Variabel. Pembelajaran berbasis etnomatematika dapat memberikan dampak positif dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna karena sumber belajar siswa berasal dari lingkungan yang telah dikenali sebelumnya. Hasil penelitian ini berkaitan dengan proses pembelajaran matematika di sekolah dan diharapkan dapat dijadikan bahan ajar matematika pada jenjang sekolah menengah.

Keywords


Eksplorasi; Etnomatematika; Makanan Tradisional Pekalongan; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Abrams, J. P. (2001). Mathematical Modeling: Teaching the Open-Ended Aplication of Mathematics. NCTM 2001 Yearbook.

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 65-74.

Amir, N. O., Angkotasan, N., & Saidi, S. (2022). Penerapan Pendekatan OpenEnded untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(2).

As’ari, A. A, Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, Ibnu. (2017). Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Ausubel, D. P. (1963). The psychology of meaningful verbal learning. Grune & Stratton.

Ausubel, D. P., Novak, J. D., & Hanesian, H. (1978). Educational Psychology: A Cognitive View. (Holt, Rinehart and Winston; New York, NY).

Barta, A., Fodor, L. A., Tamas, B., & Szamoskozi, I. (2022). The development of students' critical thinking abilities and dispositions through the concept mapping learning method–A meta-analysis. Educational Research Review, 100481.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Segoonal Matematika,1, 114-119.

Faslah, R. (2011). Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep Ips Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bermakna. Jurnal Ilmiah Econosains, 9(2), 167-170.

Hidayanti, D., As' ari, A. R., & Chandra, T. D. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp kelas ix pada materi kesebangunan. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 276-285.

Julita. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik melalui Pembelajaran Pencapaian Konsep. Prosiding Seminar Segoonal Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi. Vol 2. 68-73.

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Kosasih, U. K., Saputra, S., & Supriadi, E. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bentuk Aljabar Melalui Pendekatan Open-Ended. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 1(1), 90-97.

Liberna, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penggunaan metode IMPROVE pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Marsigit, M. (2016). Pembelajaran matematika dalam perspektif kekinian. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 132-141. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.40

Martyanti, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran geometri berbasis etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105-111.

Nisa, K., Rusmana, I. M., & Ahmad, D. N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Kebaya Betawi. Diskusi Panel Segoonal Pendidikan Matematika, 8.

Nurkhafifah, S., Pailokol, N. S., & Megawanti, P. (2021). Eksplorasi etnomatematika terhadap konsep geometri pada struktur bangunan rumah joglo semar tinandhu. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 92-105.

Novitasari, N., Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Efektivitas LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 57-66.

Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29-44.

Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: makanan tradisional Bugis sebagai sumber belajar matematika. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 307-327.

Pratiwi, K. R., Nurmaina, M., & Aridho, F. F. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99-105.

Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas matematika berbasis budaya pada masyarakat Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221-230.

Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D. C., Shirley, L., Alangui, W. V., Palhares, P., & Gavarrete, M. E. (2016). Current and future perspectives of ethnomathematics as a program (p. 45). Springer Nature.

Rudyanto, H. E., HS, A. K. S., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa: Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25-32.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1-7.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Segoonal Matematika, 605-612.

Zulaekhoh, D. & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT (Jurnal Pendidikan Tematik), 2(2), 216-226.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Malihatus Saniyah, Adi Satrio Ardiansyah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.