Pengaruh Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Ratna Wijayanti, Alimin Alimin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan dengan tujuan untuk membuktikan pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survai korelasional analisis regresi sederhana. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan. Populasi terjangkau dalam penelitian ini hanya siswa kelas IX di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan. Adapun sampel penelitian berjumlah 31 siswa sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket disposisi matematis dan soal essai kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, diperoleh nilai rhitung = 0,204; rtabel = 0,388 KD = 4%; thitung = 1,021; ttabel = 2,06;  Y = 37,67 + 0,172X; Fhitung = 0,39; Ftabel = 2,74. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif tidak signifikan disposisi matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas IX di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan

Keywords


Disposisi Matematis; Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa; Pembelajaran Matematika di MTs

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/471/408

Diningrum, P. R., Azhar, E. & Paradillah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta. Prosiding SENAMKU: Seminar Nasional Pendidikan Matematika UHAMKA, 352-364. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2757/808

Farhan, M., & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian belajar, adversity quetiont, dan kemampuan penalaran matematis pada implementasi pembelajaran daring mata kuliah analisis real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687-1698. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding DPNPM Unindra 2019, Jakarta. Hal. 555-564. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933/354

Hendriana, H. & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153-264. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2033/1321

Hendriana, H. & Sormarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H. Rohaeti, E. E., & Soemarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206-216. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831

Kilpatrick, J., Jane Swafford, J., Findell, B. (2011). National Research Council. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Mathematics Learning Study Committee, Center for Education, Division of Behavioral and Social Sciences and Education. Washington, DC: National Academy Press.

Nugraha, T. H. & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica, 9(1), 1-7. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/5880/9182

Nuraini, T. F., Hakim, A. R. & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 39-52. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5935/1538

Reynaldi, R., Sugiatno, & Astuti, D. (2016). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dikaji dari tingkat disposisi matematis di madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1-15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16930/14503

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Suharsono. (2015). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematik siswa SMA menggunakan teknik probing prompting. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(3): 278-289.

Umayah. Hakim, A. R. & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075.

Winata, C., dkk. (2022). Strategi Perencanaan Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4523–4529. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7347


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ratna Wijayanti, Alimin Alimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.