Analisis Penalaran Matematis Siswa Kelas V SDIT Cendekia Satria Bekasi Materi Pengolahan Data
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faoziyah, N., Akhmad, G. R., & Setiawan, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis PBL. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/3555/2611
Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687–1698. Diakses melalui https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838
Hilaliyah & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 125-133. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6817/pdf
Indriastuti, M., Mulyono, & Kristiyani, I. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Generatif secara Daring. Prisma,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 320–328. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44953/18377
Kartika, R. W., Megawanti, P. & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/36831/17272
Mofidi, dkk. (2012). “Instruction of mathematical concepts through analogical reasoning skills”. Ibdian Journal of Science and Technology, 5(6), 2916-2922.
NCTM. (2000). Using the NCTM 2000 principles and standards with the learning from assements materials. [Online]. Tersedia di: http://www.wested.org/Ifa/NCTM 2000.PDF. Diakses 21 Mei 2023.
Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599
Ramadhani, A. R. C., dkk. (2022). Keefektifan Penggunaan Google Meet pada Pembelajaran Matematika di masa Pandemi Covid-19. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 114-124. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6806/pdf
Sagala, S. (2012). Konsep Makna dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Saputra, A. W., dkk. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6573/pdf
Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 11-23. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10.
Suprihatin, T., R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JKPM (Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika), 2(1); 9-13.
Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/177/166
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa dalam Pelajaran Matematika. Disertasi Doktor pada PPS IKIP Bandung.
Umayah. Hakim, A. R. & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075.
Yusdiana & Wahyu. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3); 409-414. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/657
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahdiyati Fauziah, Ester Sitohang, Nika Oktaviana, Nilna Anik Fitriyani.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Department of Mathematics Education
(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.
(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.