Analisis Penalaran Matematis Siswa Kelas V SDIT Cendekia Satria Bekasi Materi Pengolahan Data

Ahdiyati Fauziah, Ester Sitohang, Nika Oktaviana, Nilna Anik Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 18 orang. Bentuk pengambilan data yaitu pemberian 5 butir soal tes tertulis. Berdasarkan hasil analisis, terdapat 18 siswa yang mengisi lembar soal kemampuan penalaran matematis. Kategori yang didapatkan adalah untuk siswa dengan kategori rendah sebanyak 8 siswa. Pada kemampuan sedang, terdapat 3 siswa. Sedangkan terdapat 7 siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori tinggi. Maka kemampuan penalaran matematis siswa kelas V di SDIT Cendekia Satria Bekasi tergolong rendah.

Keywords


Analisis; Kemampuan Penalaran Matematis; Materi Pengolahan Data; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Faoziyah, N., Akhmad, G. R., & Setiawan, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis PBL. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/3555/2611

Farhan, M. & Hakim, A. R. (2021). Kemandirian Belajar, Adversity Quetiont Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Implementasi Pembelajaran Daring Matakuliah Analisis Real. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1687–1698. Diakses melalui https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/8683/2838

Hilaliyah & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 125-133. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6817/pdf

Indriastuti, M., Mulyono, & Kristiyani, I. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Generatif secara Daring. Prisma,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 320–328. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44953/18377

Kartika, R. W., Megawanti, P. & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/36831/17272

Mofidi, dkk. (2012). “Instruction of mathematical concepts through analogical reasoning skills”. Ibdian Journal of Science and Technology, 5(6), 2916-2922.

NCTM. (2000). Using the NCTM 2000 principles and standards with the learning from assements materials. [Online]. Tersedia di: http://www.wested.org/Ifa/NCTM 2000.PDF. Diakses 21 Mei 2023.

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599

Ramadhani, A. R. C., dkk. (2022). Keefektifan Penggunaan Google Meet pada Pembelajaran Matematika di masa Pandemi Covid-19. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 114-124. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6806/pdf

Sagala, S. (2012). Konsep Makna dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Saputra, A. W., dkk. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6573/pdf

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 11-23. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.14-29

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10.

Suprihatin, T., R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JKPM (Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika), 2(1); 9-13.

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/177/166

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa dalam Pelajaran Matematika. Disertasi Doktor pada PPS IKIP Bandung.

Umayah. Hakim, A. R. & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075.

Yusdiana & Wahyu. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3); 409-414. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/657


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahdiyati Fauziah, Ester Sitohang, Nika Oktaviana, Nilna Anik Fitriyani.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.