Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring

Lestari Rahmawati, Putri Gusmarini, Adinda Salsabila, Veronika Jemida, Tri Wulandari, Eva Yuni Rahmawati

Abstract


Pada pandemi Covid-19, proses belajar mengajar dilaksanakan tanpa bertemu tatap muka secara langsung antara guru dan siswa atau pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring memiliki banyak manfaat seperti praktis secara waktu dan banyak sumber belajar dari internet. Pembelajaran matematika secara daring juga memiliki beberapa kekurangan dan mengakibatkan kesulitan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika secara daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Pengumpulan data dilakukan pada database Google Scholar untuk mengambil artikel yang relevan. Hasil penelitian ini didapatkan banyak kesulitan yang dialami siswa selama pembelajaran matematika secara daring baik dari kemampuan diri hingga aspek sosial.

Keywords


Kesulitan Belajar Siswa; Pembelajaran Matematika; Pembelajaran Secara Daring.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/7659/3379

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158-3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1297/pdf

Bonar, N., Repo, F. M., & Calesti, N. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi dengan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2),172-185. https://jurnal.smpharapanananda.sch.id/index.php/juwara/article/view/19/14

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417-428. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1867

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.514

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397/223

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 214–224. https://repository.unja.ac.id/15758/

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/27830/15867

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307-317.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lestari Rahmawati, Putri Gusmarini, Adinda Salsabila, Veronika Jemida, Tri Wulandari, Eva Yuni Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.