Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Berbasis Kontekstual untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

Novita Uli Fransisca, Yogi Wiratomo, Maya Nurfitriyanti

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar lembar kerjasiswa yang efektif sesuai dengan pembelajaran matematika pada siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII. Prosedur penelitian yang digunakan adalah desain instruksional modern M.Atwi Suparman yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu pertama mengidentifikasi kebutuhan dan menulis tujuan instruksional umum, kedua melakukan analisis instruksional, ketiga mengidentifikasi perilaku dan karakteristik peserta didik, keempat menulis tujuan instruksional khusus, kelima menyusun alat penilaian hasil belajar, keenam menyusun strategi isntruksional, ketujuh mengembangkan bahan instruksional, dan terakhir evaluasi formatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah tersusunnya Bahan Instruksional Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Berbasis Kontekstual yang berkaitan dengan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari untuk memfasilitasi siswa dalam pencapaian Tujuan Instruksional Umum dan pemecahan masalah matematis serta meningkatan pemahaman peserta didik. Bahan instruksional ini berisi materi dari kurikulum terbaru yaitu, kurikulum edisi revisi 2017. Setelah Lembar Kerja Siswa selesai dibuat, maka dilakukan evaluasi formatif dengan proses uji pakar media, uji pakar materi dan uji pakar bahasa.


Keywords


Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Pembelajaran Matematika, Berbasis Kontekstual.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Aryani, F., & Hiltrimartin, C. (2011). Pengembangan LKS Untuk Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 131-132. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/578/170

BSNP. (2007). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gesty, H. A., Fedina, F., & Hermawati, A. (2022). Pengembangan alat peraga papan pecahan dasar untuk pembelajaran matematika kelas IV di MI Raudhatul Athfal Bogor. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 27-40. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6290/pdf

Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, J., & Mulyana, M. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757

Hamzah, U., & Abdul. K. R. (2008). Desain Pembelajaran. Gorontalo: Sultan Amai Press.

Hasbullah., & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model dan Pengembangan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press.

Komariyah, S., dkk. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Masalah Untuk Kelas VII SMP Pada Materi Himpunan. e-Journal Mahasiswa Prodi Matematika. Vol.2 No.1: 1.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Puspendik. (2016). Hasil Study International TIMSS. Diakses dari https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/TIMSS%20infographic.pdf (diunduh tanggal 7Februari 2019)

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga BACALA (bangun datar, pecahan, labirin) untuk pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116

Sidharta, J. (2017). Peringkat Pendidikan Indonesia di Dunia. Diakses dari https://www.youthcorpsindonesia.org/l/peringkat-pendidikan-indonesia-di-dunia/ (diunduh tanggal 7 Februari 2019)

Suparlan. (2011). Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan Jakarta: Erlangga.

Suyitno, A. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.

Tannaleppy, L. N., & Nurfitriyanti, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Nilai-nilai Moral Untuk Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 77-90. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2095/2202

Tirtarahardja, U., & Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Uli Fransisca

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.