Pengembangan Alat Peraga Corong Berhitung untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Hitung Tingkat Sekolah Dasar

Irvan Rizky Firdaus, Siti Nurmalisthia Rachayu, Wardatul Janah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga Corong Berhitung pada materi operasi hitung. Penelitian pengembangan ini bertempat di SDN Sepanjang Jaya 6 yang berlokasi di Jalan Siaga III Blok III RT.009/RW.006 Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga Corong Berhitung berhasil dikembangkan dengan baik. Kemudian, berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa yang dilakukan di tempat penelitian, belajar menggunakan alat peraga Corong Berhitung lebih membangkitkan minat siswa dalam belajar dan lebih menyenangkan dalam proses pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Kesimpulannya adalah alat peraga Corong Berhitung ini dapat memfasilitasi guru dan orangtua untuk kegiatan belajar matematika siswa, baik di sekolah maupun di rumah

Keywords


Pengembangan Alat Peraga; Alat Peraga Corong Berhitung; Media Pembelajaran Untuk Materi Operasi Hitung Di Sekolah Dasar.

References


Awab, Z. A., Kosim, N., & Putri, M. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pelajaran Matematika Sekolah dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 77-82. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3708/pdf_1

Dwi Jayanti, Y. D., & Ratri, A. K. (2019). Implementasi Media Corong Berhitung Dalam Pembelajaran Matematika (Perkalian) Kelas II di SD Negeri 3 Gresikan Tulungagung. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 1-12. http://e-ournal.unp.ac.id/index.php/jippsd

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 15-20. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/124/120

Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin., & Mulyana., (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757

Handarini, Y., & Hasan, Y. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Corong Berhitung Unuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Sederhana Pada Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 258-263. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2073

Hasanah, A. (2020). Penerapan Media Corong Berhitung Dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sanse Anak Usia Dni. Jurnal Golden Age, 04(1), 69-79. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2073

Hidayah, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 1-11. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20762/9884

Imanizar, L., Napitupulu, N. L., & Manalu, S. (2021). Penerapan Role Playing Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 41-46. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3705/pdf_1

Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1-12. https://core.ac.uk/display/228883554?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1

Khotimah, S. H., & Risan. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.pp/JJL/article/view/17108

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian BelajarTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95-108. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748

Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5(1), 141-155. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226

Malasari, N. & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196

Ningsi, B. A., & Arofah, I. (2021). Pengenalan Alat Peraga Dasar Matematika Kepada Siswa Sekolah Dasar (SD). Journal of Dedicators Community, 5(1), 49-58. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDC/article/view/1187/pdf

Novarini, I., Tsalatsa, A. N., & Setianingsih, E. S. (2018). Pengaruh Model Direct Intruction Berbantu Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 389-395. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembeajaran Matematika. MATHEMA JOURNAL, 3(1), 2686-5823. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Sagita, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 570-576. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/82

Samura, A. O. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69-79. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/145/108

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) Untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1

Senjayawati, E., & Zanthy, L. S. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Alat Peraga Untuk Guru Di Wilayah Kabupaten Bandung Barat. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 119-125. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/artcle/view/32/18

Suarsana, I. M. (2019). Pelatihan Perancangan, Pembuatan, Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Bagi Guru-Guru SD Gugus II Kecamatan Kubu. Jurnal Widya Laksana, 8(2), 145-150. http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v8i2.18023

Syahputri, N. (2018). Rancangbangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1 Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 2(1), 89-95. https://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JSIK/article/view/88

Zulaekhoh, D., Tifany, C., Destari, I. T. & Kurniasih, Y. (2021). Pengembangan alat peraga COTIK (corong statistik) untuk pembelajaran materi statistik di kelas IV tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 11-21. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3324/pdf_1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irvan Rizky Firdaus, Siti Nurmalisthia Rachayu, Wardatul Janah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.