Pengembangan Alat Peraga Corong Berhitung untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Hitung Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
References
Awab, Z. A., Kosim, N., & Putri, M. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pelajaran Matematika Sekolah dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 77-82. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3708/pdf_1
Dwi Jayanti, Y. D., & Ratri, A. K. (2019). Implementasi Media Corong Berhitung Dalam Pembelajaran Matematika (Perkalian) Kelas II di SD Negeri 3 Gresikan Tulungagung. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 1-12. http://e-ournal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 15-20. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/124/120
Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691
Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174
Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin., & Mulyana., (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757
Handarini, Y., & Hasan, Y. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Corong Berhitung Unuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Sederhana Pada Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 258-263. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2073
Hasanah, A. (2020). Penerapan Media Corong Berhitung Dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sanse Anak Usia Dni. Jurnal Golden Age, 04(1), 69-79. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2073
Hidayah, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 1-11. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20762/9884
Imanizar, L., Napitupulu, N. L., & Manalu, S. (2021). Penerapan Role Playing Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 41-46. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3705/pdf_1
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1-12. https://core.ac.uk/display/228883554?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1
Khotimah, S. H., & Risan. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.pp/JJL/article/view/17108
Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian BelajarTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95-108. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748
Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5(1), 141-155. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226
Malasari, N. & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196
Ningsi, B. A., & Arofah, I. (2021). Pengenalan Alat Peraga Dasar Matematika Kepada Siswa Sekolah Dasar (SD). Journal of Dedicators Community, 5(1), 49-58. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDC/article/view/1187/pdf
Novarini, I., Tsalatsa, A. N., & Setianingsih, E. S. (2018). Pengaruh Model Direct Intruction Berbantu Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 389-395. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembeajaran Matematika. MATHEMA JOURNAL, 3(1), 2686-5823. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Sagita, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 570-576. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/82
Samura, A. O. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69-79. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/145/108
Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) Untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1
Senjayawati, E., & Zanthy, L. S. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Alat Peraga Untuk Guru Di Wilayah Kabupaten Bandung Barat. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 119-125. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/artcle/view/32/18
Suarsana, I. M. (2019). Pelatihan Perancangan, Pembuatan, Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Bagi Guru-Guru SD Gugus II Kecamatan Kubu. Jurnal Widya Laksana, 8(2), 145-150. http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v8i2.18023
Syahputri, N. (2018). Rancangbangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1 Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 2(1), 89-95. https://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JSIK/article/view/88
Zulaekhoh, D., Tifany, C., Destari, I. T. & Kurniasih, Y. (2021). Pengembangan alat peraga COTIK (corong statistik) untuk pembelajaran materi statistik di kelas IV tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 11-21. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3324/pdf_1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Irvan Rizky Firdaus, Siti Nurmalisthia Rachayu, Wardatul Janah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.