Station Learning: Analisis Implementasi Differentiation Learning dalam Pembelajaran Matematika Materi Kalkulus Integral

M. Farid Ansori, Ayu Kartika, Desy Natalia, Ul’fah Hernaeny

Abstract


Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang bisa memberikan dan memfasilitasi kebutuhan dari setiap pesertadidiknya. Berpuluh-puluh tahun yang lalu sampai dengan sekarang ini, pendidikan di Indonesia masih belum banyak perubahan, di mana masih menerapkan sistem pembelajaran lama yang menganggap semua anak adalah sama, lebih berpusat pada guru, tanpa memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam belajar. Perubahan dalam menerapkan strategi pembelajaran sangat diperlukan untuk mencapai standar minimal yang diinginkan, salah satunya yaitu menggunakan strategi differentiation learning atau pembelajaran terdiferensiasi. Tujuan penerapan strategi ini yaitu agar semua siswa mendapatkan haknya dalam pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Artikel ilmiah ini disusun untuk memberikan gambaran kepada para guru dalam menggunakan pendekatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika khususnya materi kalkulus integral. Station learning adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang mengasyikkan dan dinilai mampu mengakomodir siswa dengan kecenderungan visual, auditori, dan kinestetik.

Keywords


Differentiation Learning Strategi Station Learning; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(3), 340-349. https://media.neliti.com/media/publications/259034-differentiated-instruction-solusi-pembel-7b868815.pdf

Arends, R. I. (2007). Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. New York: McGraw Hill Companies. Hollas. 2005. Differentiating Instruction in a whole Group Setting. USA: Crystal Springs Books.

Ario, M. & Asra, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 82-88. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2477/1530

Gregory, G. H., & Chapman, C. (2007). Differentiated Instructional Strategies. Thousand Oaks: CA Corwin Press.

Hollas. (2005). Differentiating Instruction in a whole Group Setting. USA: Crystal Springs Book.

International Symposium Inclusion and the Removal Barriers Leaning, Participation and Development. 2006. (http://www.idpeurope.org).

Karten, T. J. (2005). Inclusion Strategies That Work!: Research-Based Methods for the Classroom, California: Corwin Press

Katji, P. K., Tsolaki E., Mavrotheris, M. M., & Koutselini, M (2012). Differentiation of teaching and learning mathematics: an action research study in tertiary education. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. 44(3), 332-349. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/0020739X.2012.714491

McLeskey, J. & Waldron, N. L. (2000). Inclusive Schools in Action, Alexandria: ASCD.

Mutakin, T. Z. (2013). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 49-60. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/113/110

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 101-110. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599/pdf

Saputra, A. W., dkk. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6573/pdf

Stavrou, T. E. & Koutselini, M. (2016). Differentiation of Teaching and Learning: The Teachers' Perspective. Universal Journal of Educational Research, 4(11), 2581-2588. https://www.researchgate.net/publication/309714809_Differentiation_of_Teaching_and_Learning_The_Teachers'_Perspective

Suparwadi, L. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kalkulus Integral melalui Kegiatan Lesson Study di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-47. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/2420/1291

Tiberghien A. (1997). Learning and teaching: Differentiation and relation. Research in Science Education, 27(1), 359–382. https://link.springer.com/article/10.1007/BF02461759

Tomlinson, B. (1998). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Farid Ansori, Ayu Kartika, Desy Natalia, Ul’fah Hernaeny.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.