Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMP

Nimas Nabella Agustin, Yuan Andinny

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat
kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP dalam pemecahan
masalah matematika. Penelitiaan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
dengan sampel penelitiaan yang digunakan sebanyak 30 siswa sesuai dengan
perhitungaan solvin yang mengambil populasi sebanyak 30 siswa dalam 1
kelas.Subjek penelitian yang dipilih berdasarkan pada Teknik purposive
sampling. Kisi-kisi instrument yang digunakan adalah instrument tes
kemampuan berpikir kritis matematika, dokumentasi, dan pedoman wawancara.
Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa
8 siswa dari30 sampel atau sekitar 27,7% dari sampel mampu
menginterpretasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan meninferensi sehingga 8
siswa ini dapat dikatakan berada pada kategori “kritis”. Sebanyak 5 siswa
dikategorikan “sangat kritis”, dengan interval 70 – 79 sebanyak 7 siswa
dikategorikan “cukup kritis”, interval 60 – 69 sebanyak 5 siswa dikategorikan
“kurang kritis, dan untuk nilai dibawah 60 sebanyak 5 siswa “tidak kritis”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nimas Nabella Agustin, Yuan Andinny

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.