Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika

Anisa Meidianti, Nur Kholifah, Nur Indah Sari

Abstract


Artikel ini merupakan tinjauan literatur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Artikel ini ditulis dengan tujuan memberikan pemahaman secara keseluruhan mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis sekaligus memaparkan berbagai alternatif upaya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penulisan artikel ini berupa uraian definisi pemahaman konsep matematis, uraian keterampilan pemahaman konsep matematis, dan pencapaian pemahaman konsep matematis pada diri peserta didik. Dari hasil tersebut, upaya diperoleh bagaimana guru dapat mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik di setiap kegiatan pembelajaran matematika. Melalui artikel ini, dapat dikatakan bahwa guru harus dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan pada peserta didik serta harus dipersiapkan dengan serius dan matang. Selain itu, guru juga harus rutin memberikan contoh serta latihan soal yang bervariasi dan tentunya membutuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang tinggi. Sehingga peserta didik akan terbiasa menerapkan konsep tersbut dalam menyelesaikan permasalahan pada soal yang diberikan oleh guru ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Matematika, Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pesera Didik.

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendididkan (BSNP). (2006). Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120-135. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9761

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi segiempat siswa SMP. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51-70. http://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/34

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123-132. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/2493

Habibi, A., & Irawati, T., N. (2019). Penerapan model pembelajaran probing prompting learning (PPL) dengan pendekatan realistic mathematic education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(1), 33-43. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/view/342

Hartati, L., & Indrawati, F. (2019). Analysis of initial ability and self-confidence on mathematical communication ability. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 50-63. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/7565

Haryati, R., & Asmara, D. N. (2021) Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa PGSD pada mata kuliah konsep dasar matematika. Jurnal Basicedu, 5(5), 3027-3033. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/976/pdf

Imanizar, L., Napitupulu, N. L., & Manalu, S. (2021). Penerapan role playing pada pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 41-46. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3705/pdf_1

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n2_02

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Mathematics Learning Study Committee, National Research Council.

Lase, S. (2020). Pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 462-468. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/1694

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n2_3

Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 108-119. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/30023

Murnaka, N. P., & Dewi, S. R. (2018). Penerapan metode pembelajaran Guided Inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 163-171. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/637

Nurdini, S. (2017). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self Confidence melalui Model Realistic Mathematics Education dan Model Problem Based Learning Terhadap Siswa SMP (Doctoral dissertation, UNPAS). http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14844

Pitaloka, Y. D., Susilo, B. E., & Mulyono, M. (2012). Keefektifan model pembelajaran matematika realistik indonesia terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 1-8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/1759

Pranata, E. (2016). Implementasi model pembelajaran group investigation (GI) berbantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34-38. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/80

Pratiwi, S. I., Lusiana, L., & Fuadiah, N. F. (2019). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smpn 30 palembang melalui pembelajaran CORE. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 15-28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9749

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan metode pembelajaran Personalized System of Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10-17. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n1_2

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599/pdf

Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 91-105. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/17

Rosmawati, R. R. & Sritresna, T. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi Aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n2_07

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda, L. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta: Tre Alea Jacta Pedagogie.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/49

Sari, P. (2017). Pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut melalui pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41-50. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/60

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87-96. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/709

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10-22. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/652

Sukmawati, R. (2017). Pengaruh pembelajaran interaktif dengan strategi drill terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 95-104. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2034

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2031

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/311

Ulfa, M. (2019). Strategi preview, question, read, reflect, recite, review (pq4r) pada pemahaman konsep matematika. Mathema: jurnal pendidikan matematika, 1(1), 48-55. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/354

Verlina, L. S. A. P. E. (2020). Penerapan Bahan Ajar Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4(1), 27-29. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/810

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180-194. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/4399

Zein, M. & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Riau: Daulat Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anisa Meidianti, Nur Kholifah, Nur Indah Sari.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.