Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTS Pada Materi SPLDV
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. e-DuMath (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2), 155-163. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/460/0
Fardah, D., K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2616
Farhan, M. & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2): 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.
Elfiani, F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII F MTs Ma’Arif Nu 1 Wangon Melalui Pembelajaran Ideal Problem Solving. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 3(2), 27–35. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/2752
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562-569. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/viewFile/1096/754
Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Vol.5, 555-564. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933/354#
Jayanto, I.F., & Noer, S.H. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Pembelajaran Guided Discovery. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2017, 245-255. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/48
La Moma. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27-41. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/index
Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 37-49. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/559
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Mayasari, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai, 02(06), 1762–1771. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/168
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. e-DuMath (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2), 110-116. https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/455
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwaningrum, J., P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 145-157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613
Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599
Rasnawati, A., dkk. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87
Siregar, N., R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Hotel Grasia, Semarang, 224-232 vol (1). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
Suparman, T., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Beripikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Journal on Education, 1(2), 503-508. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/104
Sutriyaningsih, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(2), 64–75. https://www.repository.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/2657
Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1): 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075/2857
Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(2), 1-8. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114
Winiarsih, I., Hakim, A., R., & Sari, N., I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Firda Kurnia, Muhamad Farhan, Idha Isnaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.