Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTS Pada Materi SPLDV

Firda Kurnia, Muhamad Farhan, Idha Isnaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII di MTs Al Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan metode deskriptif. Penentuan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B MTs Al Islamiyah yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki hasil tes tinggi dan hasil tes sedang memperoleh kriteria ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematis yang cukup kreatif dengan presentase 56,25%, sedangkan untuk siswa yang memiliki hasil tes rendah memperoleh kriteria ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematis yang kurang kreatif dengan presentase 0% berdasarkan indikator kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration)

Keywords


Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Matematika, SPLDV.

Full Text:

PDF

References


Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. e-DuMath (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2), 155-163. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/460/0

Fardah, D., K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2616

Farhan, M. & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2): 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.

Elfiani, F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII F MTs Ma’Arif Nu 1 Wangon Melalui Pembelajaran Ideal Problem Solving. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 3(2), 27–35. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/2752

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562-569. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/viewFile/1096/754

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Vol.5, 555-564. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933/354#

Jayanto, I.F., & Noer, S.H. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Pembelajaran Guided Discovery. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2017, 245-255. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/48

La Moma. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27-41. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/index

Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 37-49. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/559

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Mayasari, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai, 02(06), 1762–1771. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/168

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. e-DuMath (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2), 110-116. https://www.ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/455

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwaningrum, J., P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 145-157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599

Rasnawati, A., dkk. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87

Siregar, N., R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Hotel Grasia, Semarang, 224-232 vol (1). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193

Suparman, T., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Beripikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Journal on Education, 1(2), 503-508. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/104

Sutriyaningsih, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(2), 64–75. https://www.repository.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/2657

Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1): 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075/2857

Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(2), 1-8. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114

Winiarsih, I., Hakim, A., R., & Sari, N., I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firda Kurnia, Muhamad Farhan, Idha Isnaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.