Menumbuhkembangkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Arya Wijaya Saputra, Mery Dwi Cahyanti Nasution, Erlin Muzdali Fauziah, Lanjar Widayanti, Abad Dwika Aldila, Arif Rahman Hakim

Abstract


Artikel hasil literature review ini merupakan artikel dengan kajian khusus tentang kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Artikel ini disusun untuk satu tujuan tertentu, yaitu memberikan pemahaman secara komprehensif tentang kemampuan representasi matematis sekaligus memaparkan berbagai alternatif cara dalam hal upaya membangun kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh atas penyusunan artikel ini yaitu berupa uraian definisi kemampuan representasi matematis, uraian aspek dan indikator kemampuan representasi matematis, uraian beberapa alternatif pedoman penskoran untuk kemampuan representasi matematis, serta uraian berbagai upaya untuk menumbuhkkembangkan kemampuan representasi matematis pada diri siswa di dalam pembelajaran matematika. Dengan hasil tersebut, diperoleh ujung yang tajam bagaimana caranya guru dapat menanamkan sekaligus membangun kemampuan representasi matematis pada diri siswa di setiap rangkaian pembelajaran matematika. Melalui artikel ini, dapat disimpulkan bahwa guru dalam pembelajaran matematika harus dapat melaksanakan berbagai aktivitas pembelajaran yang secara spesifik dapat menstimulasi siswa dalam hal kemampuan representasi matematis.

Keywords


Representasi Matematis; Pembelajaran Matematika; Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Alhadad, S. F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Bandung: Disertasi UPI, 1-449. http://repository.upi.edu/8617/.

Arifin, M. & Hakim, A. R. (2021). Kajian karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 613-623. https://doi.org/10.46799/jurnalsyntaxtransformation.v2i3.284.

Cai, J., LRDC, L. S., & Jacabcsin, M. S., (1996). Assesing Students’ mathematical communication. Official Journal of Science and Mathematics, 96(5), 238-246. https://www.researchgate.net/publication/230115361_Assessing_Students'_Mathematical_Communication.

Desmayanti, D. (2015). Implementasi Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Siswa SMK Universitas Pendidikan Indonesia. REPOSITORY UPI, 1-8. http://repository.upi.edu/19163/5/S_KOM_0901996_Chapter1.pdf.

Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 14-24. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2024.

Fatqurhohman. (2016). Representasi Matematis dalam Membangun Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Pascasarjana, 2(1), 43-54. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/400/296.

Fitri, N., Munzir, S., & Duskri M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Didaktik Matematika 4(1), 59-67. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/6902.

Handayani, H. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah dasar. PGSD STKIP Subang, I, 142-149. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/20/14.

Herdiman, I. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216-229. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel.

Herdiman, I., dkk. (2018). Kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP pada materi lingkaran. Prisma, 7(1), 1-10. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.

Hudiono, B. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Bandung: Disertasi UPI, 1-15. http://repository.upi.edu/8076/.

Hudoyo, H. (2002). Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, Vol.viii edisi khusus, 202-209. https://media.neliti.com/media/publications/91045-ID-pengaruh-pembelajaran-berbasis-masalah-d.pdf.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27.

Inayah, S. & Nurhasanah, G. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Kepercayaan Dirinya. JPPM, 12(1), 17-31. https://jurnal.ntirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4852/3485.

Khusna, H. & Heryaningsih, N. Y. (2018). The influence of mathematics learning using SAVI approach on junior high school students’ mathematical modelling ability. Journal of Physics: Conf. Series, 1-5. https://ui.adsabs.harvard.edu/abs/2018JPhCS.948a2009K/abstract.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575. http://unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/29321/pdf.

Lusiana, L., & Ningsih, Y. L. (2018). Students ’Mathematical Representation Ability Through Implementation Of Maple. Infinity: Journal of Mathematics Education, 7(2), 155–164. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/820.

Maghfiroh, S. & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64 - 79. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/pelita.Vol10.Iss1.373.

Midgett, C. W. & Eddins, S. K. (2016). Principles and Standards for School Mathematics. NASSP Bulletin 85(623), 35-42. https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.911.8561&rep=rep1&type=pdf.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9-22. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/83/85.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM, 6(1), 99-110.

Mustangin. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–21. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/405/0.

Nst, E. (2016). Pengaruh Metode Savi Dan Metode Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah Medan. Jurnal EduTech, 2 (1), 28-42. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/viewFile/579/490.

Rahmadian, N., Mulyono., & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA 2, 287-292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.

Rangkuti, A. N. (2013). Representasi Matematis. Logaritma, 1(2), 111-127. https://docplayer.info/72184035-Representasi-matematis-oleh-ahmad-nizar-rangkuti-s-si-m-pd-1.html.

Ratna, W., Roesdiana, L. & Imami. A. I. (2018). Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1), 511-522. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

Santi, E. E. (2019). Kemampuan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019, 473-477. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/344.

Suhartono. (2016). Adversity Quotient sebagai Acuan Guru dalam Memberikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. INOVASI, 18(2), 62-70. https://erepository.uwks.ac.id/278/.

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.10.

Suningsih, A., Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234. https://docplayer.info/212814362-Analisis-kemampuan-representasi-matematis-siswa.html.

Surya, E., dkk. (2017). The Analysis of Students’ Representation Ability in Finishing Recital Question Assemblage Material in VII Grade Students of YPI Dharma Budi Junior High School. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4 (2), 111- 117.

Suryana, A. (2012). Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Prossiding 5, 37-48. https://eprints.uny.ac.id/7491/1/P%20-%205.pdf.

Syah, A. H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually). Institusional repositories & scientific journals, 1-77. http://repository.unpas.ac.id/49925/.

The National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standard for School Mathematics. NCTM 2000, 1-392. https://www.rainierchristian.org/NCTM_principles-and-standards-for-school-mathematics.pdf.

The National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2003). Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. NCATE/NCTM Program Standards 2003, 1-6 . http://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/CAEP_Standards/NCTMELEMStandards(1).pdf .

Yudhanegara, M.R., K. E. L. (2015). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka (penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden, Subang). Ilmiah Solusi, 1(4), 94-103. https://journal.unsika.ac.id/index.php/solusi/article/view/71.

Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koniksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas V Sekolah Dasar Kota Cimahi). Pendidikan Ke-SD-an Edisi Khusus Nomor 2, 107-120. http://repository.upi.edu/10574/.

Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Edisi Khusus 1, 105-119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arya Wijaya Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.