Pengembangan Alat Peraga Papan Pecahan Dasar untuk Pembelajaran Matematika Kelas IV Di MI Raudhatul Athfal
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(2), 118-122. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/713/622
Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh kecemasan matematis dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2): 307-318.http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938
Hakim, A. R. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari sikap dan komitmen diri peserta didik pada pelajaran matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1892/1473
Hakim, A. R. (2019). Teka teki silang matematika untuk kelas 1 tingkat sekolah dasar sebagai inovasi pembelajaran matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 125-134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691
Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174
Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin,. & Mulyana., (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757
Handayani, S.L.W,. & Sugiman. (2019). Media gambar untuk meningkatkan daya tarik siswa kelas 1c slbn salatiga dalam belajar matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 349-354. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28951
Harahap, D. H., & Syarifah, R. (2015). Studi kasus kesulitan belajar matematika pada remaja. Jurnal Psikologi, 11(1), 20–30. http://jurnal.psikologiup45.com/wp-content/uploads/2007/10/Jurnal-Psikologi-vol-11-2015c-.pdf
Juandi., Firdaus., & Oktaviana, D.(2020). Pengembangan alat peraga papan perkalian berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. EMTEKA:Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 95-104. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/580/309
Khotimah, S. H., & Risan. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/viewFile/17108/10259
Malasari, N. dan Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis miskonsepsi siswa kelas V-B MIN Buduran Sidoarjo pada materi pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75-81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329
Mariyah., Aprinastuti, C., & Anggadewi, B.E.T. (2017). Pengembangan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 240-250. http://jurnal.unissula.ac.id
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Nomleni, F. T., & Manu, T.S.N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1408/964
Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 melalui penerapan model problem based learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 212-219. . http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774
Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17-26. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v3i2.3005
Primasari, I. F. N. D., Zulela., & Fahrurrozi. (2021). Model mathematics realistic education (rme) pada materi pecahan sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888-1899. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1115/620
Proiyanti S. B. A,. Supriyono, S., & Khaq, M. (2021). Peningkatan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model realistic mathematics education di SDN Binangun. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 93–109. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.58
Rusmawati. (2017). Penggunaan alat peraga langsung pada pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humonaria, 3(2), 307-314. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3607/2128
Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga BACALA (bangun datar, pecahan, labirin) untuk pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). 35-43. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Suciati, I. (2020). Penggunaan metode “perang mental matematika” dengan menggunakan media kartu pecahan pada materi penjumlahan bilangan pecahan. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.44
Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Pengawu. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2),
-144.https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i2.3033
Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran delf-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di MTS N 2 Ciamis. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39-44. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548
Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi. (2021). Analisis hambatan belajar pada materi pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226-236. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509
Zuya, H. E. (2017). Prospective teachers’ conceptual and procedural knowledge in mathematics: the case of algebra. American Journal of Educational Research, 5(3), 310-315.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hanny Ayunda Gesty, Fita Fedina, Annisa Hermawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.