Implementasi etnomatematika dalam pengembangan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic)

Wisnu Mursabdo, Soelistio Widajat

Abstract


Etnomatematika menjadi sebuah pendekatan baru dalam mengembangkan matematika di sekolah.  Pendekatan budaya dirasa mampu mendekatkan matematika kepada siswa.  Budaya bermain adalah budaya yang lekat dengan siswa. Budaya dan belajar pada hakikatnya adalah sesuatu yang tidak terpisahkan, budaya adalah implementasi dari proses belajar.  Etnomatematika juga dapat dikembangkan dalam dunia STEAM (science, technology, engineering, art, mathematics). Permainan anak yang dikombinasikan dalam matematika membuat anak enjoy dan secara tidak sadar belajar matematika manakala diminta menghitung luas atau volume bentuk sebuah mainan. Sentuhan seni dalam bidang permainan menjadikan arti matematika lebih berwarna, lebih mengena, dan lebih membumi.  Pendekatan budaya membuat matematika bukan hanya ilmu teori semata, namun ada implikasinya di bidang lain. Matematika tidak boleh hanya disajikan dalam kertas, tetapi matematika harus disajikan dalam sebuah bentuk yang bermakna.

Keywords


Implementasi etnomatematika, pengembangan STEAM

Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. (2016). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 1(1), 1–6.

Aprilyani, N. & Hakim, A.R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61–74.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, A. R. (2017). Pembelajaran Matematika yang Mudah dan Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, 271–281.

Hidayat, S. (2012). Profesi Kependidikan Teori dan Praktik di Era Otonomi. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Khoiriyah, A. (2016). Pembelajaran Kolaboratif pada Matematika untuk Membentuk Karakter Generasi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(1), 13–22.

Koentjaraningrat. (1987). Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta: UI. Press.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 106–114.

Mursabdo, W. & Mursabdo, M. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Daya Serap Siswa Kelas 9 SMP Kristen Kanaan Jakarta. Jurnal Lentera: Jurnal Studi Pendidikan, 3(2), 17–26. https://doi.org/10.51518/lentera.v3i2.49

Mursabdo, W. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di SMP Kristen Kanaan Jakarta. Jurnal Pendar Cahaya. https://widyasari-press.com/pengaruh-pandemi-covid-19-terhadap-proses-pembelajaran/

Mursabdo, W. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kompetensi Sosial Guru dan Minat Belajar Matematika di SMP Kristen Kanaan Jakarta. Prosiding Sinasis. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5346

Mursabdo, W. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Unindra.

Mursabdo, W. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kreativitas Guru dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Kristen Kanaan Jakarta. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.253 .

Pratiwi, H. W. & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), .

Ratnasari, D. dkk. (2016). Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Konsep Bangun Ruang. Jurnal Kalimaya, 4(2), .

Suendarti, M. (2019). Konsep-konsep MIPA. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Suwarsono. (2015). Pengantar Etnomatematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wisnu Mursabdo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.