Komunikasi matematis dalam pembelajaran Matematika SMP

Dina Fitriani, Nunu Airina Latifah

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji lebih lanjut tentang komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa. Komunikasi matematis sangat penting digunakan saat pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dapat menggunakan indikator, model, dan pendekatan yang sesuai dengan pembelajaran matematika di kelas. Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis dapat membuat siswa mudah berkomunikasi kepada orang lain dan memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika.

Keywords


Mathematics; mathematical communication; communication skills

Full Text:

PDF

References


Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1): 1–13. Tersedia di https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1844/1446.

Ariawan, R. & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2): 82–91. Tersedia di http://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/th/article/view/384.

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D. & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2): 9. Tersedia di https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3522.

Astuti, A. & Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Anggraini. Jurnal Formatif, 2(2): 102–110. Tersedia di https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/91/88.

Fauziah, L., Sudirman & Abadyo. (2020). Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2): 1–10. Tersedia di http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm.

Gardenia, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa SMK Melalui Pembelajaran Kontruktivisme Model Needham. Jurnal Formatif, 6(2): 110–118. Tersedia di https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/944/878.

Kaya, D. & Aydin, H. (2016). Elementary mathematics teachers’ perceptions and lived experiences on mathematical communication. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(6): 1619–1629. Tersedia di https://www.ejmste.com/article/elementary-mathematics-teachers-perceptions-and-lived-experiences-on-mathematical-communication-4564.

Lomibao, L.S., Luna, C.A. & Namoco, R.A. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5): 378–382. Tersedia di http://pubs.sciepub.com/education/4/5/3.

Perwitasari, D. & Surya, E. (2017). The Development of Learning Material Using Problem Based Learning to Improve Mathematical Communication Ability of Secondary School Students. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3): 200–207. Tersedia di https://www.researchgate.net/publication/318561104.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(November): 13–23. Tersedia di https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118.

Sriwahyuni, T., Amelia, R. & Maya, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1): 18–23. Tersedia di http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm.

Sugandi, A.I. & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1): 16–23. Tersedia di https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/2364/1916.

Triana, M., Zubainur, C.M. & Bahrun, B. (2019). Students’ Mathematical Communication Ability through the Brain-Based Learning Approach using Autograph. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1): 1–10. Tersedia di https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1267501.pdf.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1): 1. Tersedia di http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/2.

Umardiyah, F., Subanji & Dwiyana. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Homeschooling melalui Gesture pada Materi Irisan Dua Himpunan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2): 155–159. Tersedia di http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dina Fitriani, Nunu Airina Latifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.