Model pembelajaran yang mendukung kemampuan representasi Matematis di masa pandemi covid-19

Dita Ardiyanti Pratiwi, Resida Rifalianti

Abstract


Kemampuan representasi adalah salah satu kemampuan dasar matematika yang wajib di miliki peserta didik. Representasi merupakan bentuk interpretasi pemikiran peserta didik terhadap suatu masalah yang dipakai sebagai alat bantu untuk menemukan solusi menurut masalah tersebut. Salah satu langkah agar peserta didik sanggup memaksimalkan kemampuan representasi matematis dengan kondisi saat ini yaitu pendidik dan peserta didik dapat memilih model pembelajaran yang tepat. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan beberapa kontribusi bagi peningkatan mutu kemampuan representasi matematis dalam menentukan model pembelajaran yang tepat selama pandemi dengan mengumpulkan informasi, mencari referensi hasil-hasil penelitian mengenai pembelajaran selama pandemi dari jurnal atau internet. Dalam artikel kajian pustaka ini kami menemukan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran daring secara signifikan lebih baik daripada kemampuan representasi matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran yang lainnya di masa pandemic covid-19.


Keywords


Put 3-5 your key words here; Mathematical Representations, Pandemics, Learning Models.

Full Text:

PDF

References


Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84–111. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.84-111

Asri, & Abdul, I. (2016). Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instructions) Pada Siswa Kelas V Sdn No 1 Pesaku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. E- Journal Physical Education, Healt And Recreation, 4(1), 1–15.

Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan

Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dalam format PDF ini ditandatangai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 24 Maret 2020.

Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2020). Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas Vii Smpit Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(1), 71–80.

Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metodik Didaktik, 10(2), 27–36. https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3180

Herlina, H., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Materi Fungsi Di Kelas Viii Smp Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 214205.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 29. https://doi.org/10.24198/jmi.v13.n1.11410.29-34

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical understanding and representation ability of public junior high school in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43–56. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2816.43-56

Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Didaktik, 9(1), 40–51.

Nuryati, D. W., Masitoh, S., & Arianto, F. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 98–106. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3375

Retnawati, H. (2018). Peran Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Mengajukan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Membangun Bangsa. 1, 8–17.

Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 281–291. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1203

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, 1(2), 33–44.

Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media Whatsapp Group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (Masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Resida Rifalianti, Dita Ardiyanti Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.