Pembelajaran berbasis proyek pada pelajaran Matematika Sekolah Dasar

Zet Al Awab, Nanang Kosim, Melati Nurzakiah Putri

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui (1) definisi Project Based Learning; (2) karakteristik Project Based Learning; (3) langkah-langkah Project Based Learning; (4) kelebihan dan kekurangan Project Based Learning. Atas dasar permasalahan tersebut maka penulis mengambil judul penulisan. Penulisan ini ditujukan pada siswa tingkat sekolah dasar, dimana karakteristik siswa sekolah dasar pada umumnya sangat aktif dan senang bermain, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar. Terlebih lagi dalam pelajaran Matematika dimana biasanya dalam benak siswa hanya fokus berhitung dan menghafal rumus-rumus. Dari hasil kajian pustaka ini diketahui bahwa model Project Based Learning dapat menjadi solusi pembelajaran siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, dan inovatif, serta siswa bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Keywords


Project Based Learning; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Durohman, D., Noto, M. S., & Hartono, W. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI STATISTIKA SMA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.31000/prima.v2i1.299

Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154–161.

Husna, N., Mariyam, M., & Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 39–43. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.81

Isnaniah, I. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Media Pembelajaran Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 83–91. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3549

Khanifah, L. N., Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 9. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p900-908

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KOOPERATIF UNTUK MEMBANGUN EMPAT PILAR PEMBELAJARAN SISWA SMP. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 5. https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.773

Musanna, A. (2017). INDIGENISASI PENDIDIKAN: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529

Nurfitriyanti, M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160.

Samsul, P., & Hasnawati. (2017). MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK KELAS IX.A MTs. YMPI RAPPANG. Jurnal Pendidikan STKIP Muhammadiyah Enrekang, 1(1), 45–64.

Siagian, M. D. (2016). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zet Al Awab, Nanang Kosim, Melati Nurzakiah Putri.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.