Penerapan role playing pada pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24–32.
Basri, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 38–53. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4368
Firmansyah, E. K., Suhartono, & Roosyanti, A. (2020). Model Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penaksiran Pecahan Sederhana Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9.
Fitry, T., Maizora, S., & Rusdi. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.6-12
Hartati, T., Widiyantoi, & Oktarina, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 1–6.
Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 519–526. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308
Kustiarini, & Prasetyo, P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Role Playing Bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(1), 65–77.
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Mahluk Hidup dengan Lingkungannya. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992
Pratama, R., & Fatahillah, A. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing pada Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Edukasi, 4(2), 27–30. https://www.google.com/url?
Purba, A. (2017). Pemahaman dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan, 1(1), 1–9.
Sulastri, Y. L., Wahidin, D., & Ihsan, I. R. (2015). Belajar Matematika Secara Aktif Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Tipe Bermain Peran (Role Playing). Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, 1–6. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2441.4165
Sulistyani. (2010). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Soal Cerita pada Siswa Kelas 1 SDN Ujung VI No 31 Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Surabaya, 1–6.
Wahyuningsih, S. L. (2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas VI SLB C1 Dharma Mulia Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 82–95. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.947
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102.
Zahro, F., & Suparkun. (2013). Metode Role Playing terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Tunarungu Kelas III. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lulu Imanizar, Sopia Manalu, Nadia Lisbeth Napitupulu.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.