Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika

Azizah Putri, Anggita Desi Iswara, Arif Rahman Hakim

Abstract


Artikel ini merupakan hasil literature review perihal kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika. Artikel ditulis dengan tujuan memberikan pemahaman secara komprehensif tentang kemampuan pemecahan masalah matematis sekaligus memaparkan berbagai alternatif cara dalam hal membangun kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penulisan artikel ini berupa uraian definisi pemecahan masalah matematis, uraian indikator pemecahan masalah matematis, dan uraian upaya menumbuhkkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada diri peserta didik. Dengan hasil tersebut, diperoleh ujung yang tajam bagaimana caranya guru dapat menanamkan sekaligus membangun kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik di setiap rangkaian pembelajaran matematika. Melalui artikel ini, dapat disimpulkan bahwa guru dalam pembelajaran matematika harus dapat melaksanakan berbagai aktivitas pembelajaran yang secara spesifik dapat menstimulasi peserta didik dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika.

Keywords


Pemecahan Masalah Matematika; Pembelajaran Matematika; Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/62

Amir, M., F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 34–42. http://eprints.umsida.ac.id/330/

Anggraini, L., Siroj, R. A., & Ilma, R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii-4 Smp Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-44. https://repository.unsri.ac.id/25906/

Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61–74. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2549/1707

Ariani, S., Hartono Y., & Hiltrimartin C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25–34. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/304/pdf_50

Hakim, A. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 196-207. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/155/149

Hamzah, M. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Negeri Medan, 553–558. http://digilib.unimed.ac.id/26485/

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills & Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148–161. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7157/6174

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95-108. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/1748

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuanlitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: Refika Aditama.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/644/551

Noor, A. J., & Norlaila (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 250–259. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/620/528

Nuha, M. A., Suhito, & Masrukan (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri dan Karakter Siswa SMP Kelas VIII melalui Pembelajaran Model 4K. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 188–194. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/4549/3813

Priatina, Y. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 67-78. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3062/2293

Purnamasari, Y., S., I. (2010). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing dan Latihan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 1(1), 62–72.

https://jurnal.um-palembang.ac.id/kognisi/article/viewFile/126/99

Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta.

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., dkk. (2001). Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI Bandung.

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf

Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075/2857

Upu, H. (2003). Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA ANALISIS, 6(2), 12–19. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/9/12

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal "Mosharafa", 7(1), 51–62. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n1_6/345


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Azizah Putri, Anggita Desi Iswara, Arif Rahman Hakim.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.