Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.
https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/62
Amir, M., F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 34–42. http://eprints.umsida.ac.id/330/
Anggraini, L., Siroj, R. A., & Ilma, R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii-4 Smp Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-44. https://repository.unsri.ac.id/25906/
Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61–74. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2549/1707
Ariani, S., Hartono Y., & Hiltrimartin C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25–34. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/304/pdf_50
Hakim, A. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 196-207. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/155/149
Hamzah, M. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Negeri Medan, 553–558. http://digilib.unimed.ac.id/26485/
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills & Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148–161. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7157/6174
Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95-108. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/1748
Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuanlitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: Refika Aditama.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/644/551
Noor, A. J., & Norlaila (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 250–259. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/620/528
Nuha, M. A., Suhito, & Masrukan (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri dan Karakter Siswa SMP Kelas VIII melalui Pembelajaran Model 4K. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 188–194. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/4549/3813
Priatina, Y. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 67-78. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3062/2293
Purnamasari, Y., S., I. (2010). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing dan Latihan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 1(1), 62–72.
https://jurnal.um-palembang.ac.id/kognisi/article/viewFile/126/99
Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta.
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., dkk. (2001). Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI Bandung.
Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf
Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075/2857
Upu, H. (2003). Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA ANALISIS, 6(2), 12–19. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/9/12
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal "Mosharafa", 7(1), 51–62. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n1_6/345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Azizah Putri, Anggita Desi Iswara, Arif Rahman Hakim.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.