Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Anisa Ramadhani, Jaenudin Jaenudin, Ilmiyati Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Solear Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Purposive Sampling pada sebuah populasi dengan 36 siswa pada kelas eksperimen dan 36 siswa pada kelas kontrol. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional.  Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov terhadap data pretest pada kelas kesperimen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,056 > 0,05 dan data posttest sebesar 0,004 < 0,05 sehinga yang berdistribusi normal hanyalah data pretest kelas eksperimen saja. Uji nonparametrik menggunakan Mann-Whitney pada data pretest kelas kontrol karena tidak berdistribusi normal. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi 0,351 ( diterima) yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal kedua kelas. Untuk menguji hipotesis utama, dilakukan uji Mann-Whitney pada data posttest yang diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 ( ditolak) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan maslaah matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh dalam meingkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Two Stay Two Stray Model Pembelajaran Kooperatif.

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., Fathurrohman, M., Matematika, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving ( LAPS ) – Heuristik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. 8, 23973–23978.

Apriakanti, D., Kusuma, M., & Nurhayati, M. (2020). The Effectiveness of Two Stay Two Stray (TSTS) Cooperative Learning Model in Improving Students ’Critical Thinking Skills. Journal of Science Education Research, 4(1), 40–43. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34240

Astuti, T., Ningsih, E. F., Choirudin, C., & Sugianto, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Stay Two Stray (TS-TS) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–45. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.157

Awanis, D., & Yusnaldi, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas V MIS Mutiara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3453–3468.

Choiriyah, I. N., Airlanda, G. S., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS ) Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. 3, 353–360.

Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364

Dostál, J. (2015). Theory of Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2798–2805. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.970

Firman, aswar nurul , Sukmawaty , Mirnawati , sukirman. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, Vol.3(No.3), 551–558. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621

Harahap, J. C., Siregar, A., Lubis, W., Ananda, L. J., & Prawijaya, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 0308 Aek Bargot. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4278–4291.

Hibattulloh, N., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i3.321

Ilham, M. F. A. T. L. (2023). Implementasi Teori Belajar Perspektif Psikologi Konstruktivisme Dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Multilingual , 3(3), 380–391.

Ita, R., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1D), 1059–1065. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2452

Khusnah, A. S., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hidayat, M. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3179–3185. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1318

Knopik, T., & Oszwa, U. (2021). E-Cooperative Problem Solving as a Strategy for Learning Mathematics during the COVID-19 Pandemic. Education in the Knowledge Society, 22, 1–14. https://doi.org/10.14201/eks.25176

Latumahina, M., Ayal, C. S., & Molle, J. S. (2022). Segiempat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. 3(2), 38–43.

Lokaria, E., Frima, A., & Jannah, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Pembelajaran IPA. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.4414

Lombo, S., Salajang, S. M., & Kumesan, S. L. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Menurut Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 4.

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.32

Ng Cian Wen, & Muhammad Syawal Amran. (2021). Pembelajaran Menggunakan Kaedah Koperatif “Stay & Stray” Terhadap Kreativiti dan Motivasi Penulisan Bahasa. Sains Insani, 6(2), 28–38.

Niman, E. M. (2024). The Effect of the TSTS Learning Model on Student’s Achievement. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 04(04), 285–291. https://doi.org/10.55677/ijssers/v04i4y2024-02

Nuraini, T. F., Hakim, A. R., & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VII Pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 39-52. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5935/1538#

Pohan, S. A. (2024). Model Two Stay Two Stray dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN ). Tazkiyah: Journal of Islamic Education, 1(2), 97–106.

Pratami, J. W., & Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Montessori Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 180-190.

Rahma, T. T., & Sutami, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1416–1426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2406

Ramadhani, H., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Alauddin Makassar, U. (2023). The Effect of The Use of The Two Stay-Two Stray Cooperative Learning Model on Mathematical Communication Ability and Ability Class Mathematics Problem Solving VIII SMPN 6 Moncongloe Kab. Maros. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 5(1), 83–93. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme

Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis kualitas soal ujian metematika semester genap kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Jurnal Numeracy, 4(1), 37–47.

Shelvia, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 171. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30514

Sholikhah, R. (2024). Menyeimbangkan Pembelajaran Berbasis Konvensional dan Digital di Lembaga Pendidikan. Journal of Education and Contemporary Linguistik, 1(1), 35–44. https://journal.alifba.id/index.php/jcl/article/view/24/29

Utami, A. A. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas Xi Mipa Sma N 12 Padang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(3), 17–21. https://doi.org/10.24036/pmat.v11i3.13927

Wolo, D., Priska, M., & Rena, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Jurnal Dinamika Sains, 1(1), 71–75.

Wulandari, N. K., Wulandari, H. S., & Idha isnaningrum. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.58540/jipsi.v3i2.575

Yuhana, Y., & Rahayu, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 14, 273–290.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 anisa ramadhani, Jaenudin Jaenudin, Ilmiyati Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B)Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail:kampus@unindra.ac.id

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.