Analisis Pemecahan Masalah Bilangan Riil Terkait dengan Taksonomi Bloom pada Kelas IX

Nirmala Putri, Yosefhine Kenya Cahyani, Rizqih Amanda Putri, Ul'fah Hernaeny

Abstract


Matematika adalah bidang ilmu yang menyelidiki bentuk, susunan, dan konsep yang terkait dengan menggunakan logika untuk menyelesaikannya. Studi ini menggunakan metode penarikan sampel secara acak, yang berarti semua siswa kelas IX memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Dalam penyelidikan ini kami membuat soal-soal tentang bilangan riil yang dikaitkan dengan Teori Polya dan juga Teori Taksonomi Bloom. Kedua teori tersebut memiliki kesamaan dalam implikasi pembelajaran. Seperti, siswa harus aktif terlibat proses pembelajaran. Diharapkan siswa mampu meningkatkan cara berfikir. Setelah itu, siswa dapat melakukan evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, pada penelitian ini diharapkan siswa kelas IX dapat menganalisa soal dan memahami konsep-konsep bilangan yang ada dalam matematika.

Keywords


Teori Taksonomi Bloom; Bilangan Riil; Pemecahan Masalah; Matematika Kelas IX.

Full Text:

PDF

References


Ammamiarihta. (2023). Dikat Teori Bilangan.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Gunawan, I., & Retno Palupi, A. (2012). Taksonomi Bloom–Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Premiere Education Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2.

Indriani, R., Rambe, K. B., & Wandini, R. R. (2023). Pengaruh Teori Polya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 32182–32186.

Intan, R. (n.d.). Mengenal Bilangan Real: Pengertian, Sifat, dan Contoh Soalnya. Https://Id.Theasianparent.Com/Bilangan-Real/Amp.

Kurniati MA, R., Hilmi, Y., Indriyati, C., Fitrah Samsuddin, A., Widyasari, T., Zaskia Pratiwi, C., Nur Afifa, R., Sari, I., Kurniah Lestari, T., Trisnowali MS, A., Wiranto, I., & Charisma, A. (2024). Teori-teori dasar Matematika. CV. Gita Lentera.

Linuhung, N. (2018). Modul Teori Bilangan.

Machdalena, S., Putri, S., & Putri, R. K. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. 06(02), 1776–1787.

Nurfarisi Sugiarto, A., & Afrilianto, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Taksonomi Bloom Dengan Menggunakan Teori Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.1001-1008

Nurhardiani, Putrawangsa, S., & Syawahid, M. (2018). Teori Bilangan Pengantar. Insan Madani Institute.

Purba, D., Zulfadli, & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599/pdf

Rahma, F. (n.d.). Apa Itu Teori Ausubel: Cara Menerapkan Meaningful Learning. Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Teori-Ausubel/.

Saedi, M., Mokat, S., & Herianto. (2011). Teori Pemecahan Masalah Polya Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., Muslim, S., (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15-28. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269

Sohilait, E., Masnia, Rochmad, & Isnarto. (2022). Filsafat Pendidikan Matematika Dalam Perspektif Pembelajaran Matematika. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC).

Syahfitri, N., Islam, U., Sumatera, N., Rora, U., & Wandini, R. (2023). Penerapan Teori Polya Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SD /MI. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i1.2361

Teori Taksonomi Bloom & Penerapannya. (n.d.). Https://Executive-Education.Id/Blog/Teori-Taksonomi-Bloom/.

Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(1), 13–22.

Wahyudi, D. (2015). Berbagi Contoh Penerapan Taksonomi Bloom Revisi Dalam Pembelajaran Matematika. Https://Blog.Matematikanusantara.Id/2015/12/Berbagi-Contoh-Penerapan-Taksonomi.Html.

Zahrani Purba, A., & Wandini, R. R. (2023). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Journal of Internasional Multidisciplinary Research E-ISSN, 1(2), 3026–6874. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nirmala Putri, Yosefhine Kenya Cahyani, Rizqih Amanda Putri, Ul’fah Hermaeny.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.