Pengaruh Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas memengaruhi kemampuan peserta didik di kelas X MAN 1 Kota Pekalongan untuk memecahkan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis ex post facto dengan sasaran populasi seluruh kelas X MAN 1 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian sebanyak 33 peserta didik dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data kuantitatif dari penelitian berasal dari angket kreativitas yang berisi 20 butir pernyataan dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyaratnya. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi dan koefisien determinasi sebesar atau . Hasil tersebut menunjukkan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar
Keywords
References
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal : Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279 https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal
Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika : PowerMathEdu, 01(01), 103–112.
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/pme
Conradty, C., & Bogner, F. X. (2020). STEAM Teaching Professional Development Works : Effects On Students’ Creativity and Motivation. Smart Learning Environments, 7(26), 1–20. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00132-9 https://slejournal.springeropen.com/
Damayanti, W. F., Iskandar, R. S. F., & Safitri, P. T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial dan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, 22–29.
Fauziah, S., Pratama, P., Hasanah, R. A., Yulianti, E., & Sidabutar, B. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Soal Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(80), 59–68. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan
Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus
Ituga, A. S., & Alman, A. (2023). Self-Effıcacy, Self-Regulatıon dan Self-Confıdence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1499–1509. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6350 https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/index
Maryanti, T., Nuryadi, & Rahayu, R. P. D. (2024). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Kesebangunan. Jurnal Sains dan Teknologi (JSIT), 4(1), 78–86. https://doi.org/10.47233/jsit.v4i1.1573 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST
Mashlihah, L. N., & Hasyim, M. (2019). Pengaruh Self Esteem, Self Regulation, dan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 44–50. https://doi.org/10.29100/jp2m.vxix.xxxx https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m
Mawardi, K., Arjudin, Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume, 2(4), 1031–1048. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Mimbarwati, Mulyono, & Suminar, T. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom. Journal on Education, 05(02), 4102–4109. http://jonedu.org/index.php/joe
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) : The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Oktaviani, F., Farhan, M., & Supandi, A. (2023). Pengaruh Kemampuan Metakognisi dan Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 69–80. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan
Pebriana, D., & Imami, A. I. (2024). Eksplorasi Kreativitas Matematis : Menganalisis Pemahaman Pola Bilangan Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 49–60. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21802 http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi
Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan Pada Materi SPLTV. Journal on Education, 05(04), 13783–13788. https://doi.org/prefix 10.31004 http://jonedu.org/index.php/joe
Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962 https://www.iejme.com
Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(58), 124–133. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan
Putri, F. L., Nissa, I. C., & Yuliyanti, S. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMK Tarbiyatul Qurro’ Tahun Pelajaran 2022/2023. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 101–109. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://www.j-cup.org
Sari, I. D. M., Zuhri, M. S., & Rubowo, M. R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 391–400. journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner
Sutrisno, T., Eva, L. M., & Werdiningsih, C. E. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(1), 117–126. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/index
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://jptam.org/
Wulandari, A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 799–806. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Roro Eka Nuryanti, Rini Utami.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.