Pengaruh Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X

Roro Eka Nuryanti, Rini Utami

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas memengaruhi kemampuan peserta didik di kelas X MAN 1 Kota Pekalongan untuk memecahkan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis ex post facto dengan sasaran populasi seluruh kelas X MAN 1 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian sebanyak 33 peserta didik dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data kuantitatif dari  penelitian berasal dari angket kreativitas yang berisi 20 butir pernyataan dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyaratnya. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi  dan koefisien determinasi sebesar  atau . Hasil tersebut menunjukkan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 


Keywords


Effect; Creativity; Mathematical Problem Solving Skills

References


Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal : Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279 https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal

Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika : PowerMathEdu, 01(01), 103–112.

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/pme

Conradty, C., & Bogner, F. X. (2020). STEAM Teaching Professional Development Works : Effects On Students’ Creativity and Motivation. Smart Learning Environments, 7(26), 1–20. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00132-9 https://slejournal.springeropen.com/

Damayanti, W. F., Iskandar, R. S. F., & Safitri, P. T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial dan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, 22–29.

Fauziah, S., Pratama, P., Hasanah, R. A., Yulianti, E., & Sidabutar, B. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Soal Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(80), 59–68. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus

Ituga, A. S., & Alman, A. (2023). Self-Effıcacy, Self-Regulatıon dan Self-Confıdence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1499–1509. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6350 https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/index

Maryanti, T., Nuryadi, & Rahayu, R. P. D. (2024). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Kesebangunan. Jurnal Sains dan Teknologi (JSIT), 4(1), 78–86. https://doi.org/10.47233/jsit.v4i1.1573 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JST

Mashlihah, L. N., & Hasyim, M. (2019). Pengaruh Self Esteem, Self Regulation, dan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 44–50. https://doi.org/10.29100/jp2m.vxix.xxxx https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m

Mawardi, K., Arjudin, Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume, 2(4), 1031–1048. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index

Mimbarwati, Mulyono, & Suminar, T. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom. Journal on Education, 05(02), 4102–4109. http://jonedu.org/index.php/joe

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) : The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Oktaviani, F., Farhan, M., & Supandi, A. (2023). Pengaruh Kemampuan Metakognisi dan Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 69–80. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan

Pebriana, D., & Imami, A. I. (2024). Eksplorasi Kreativitas Matematis : Menganalisis Pemahaman Pola Bilangan Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 49–60. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21802 http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi

Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan Pada Materi SPLTV. Journal on Education, 05(04), 13783–13788. https://doi.org/prefix 10.31004 http://jonedu.org/index.php/joe

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962 https://www.iejme.com

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(58), 124–133. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan

Putri, F. L., Nissa, I. C., & Yuliyanti, S. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMK Tarbiyatul Qurro’ Tahun Pelajaran 2022/2023. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 101–109. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://www.j-cup.org

Sari, I. D. M., Zuhri, M. S., & Rubowo, M. R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 391–400. journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner

Sutrisno, T., Eva, L. M., & Werdiningsih, C. E. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(1), 117–126. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/index

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://jptam.org/

Wulandari, A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 799–806. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Roro Eka Nuryanti, Rini Utami.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.