Analisis Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Multiple Intelligences Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Statistika Kelas X SMA Wijaya Kusuma

Mariana Mariana Mariana, Hanis Ardika Sari, Tini Sondari Royani Putri, Seruni Seruni Seruni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi matematis siswa SMA kelas X pada materi Statistika berdasarkan kecerdasan ganda (Multiple Intelligences). Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian diperoleh melalui penyebaran angket kecerdasan majemuk dan tes literasi matematis, dengan subjek penelitian siswa kelas X-1 SMA Wijaya Kusuma  sebanyak 36 siswa. Data hasil angket digunakan untuk mengidentifikasi dominasi kecerdasan siswa dengan menjumlahkan skor pada setiap pernyataan yang mewakili dari setiap kecerdasan. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan dalam berbagai jenis kecerdasan pada SMA Wijaya Kusuma kelas X-1 IPA memiliki 3 rata-rata tertinggi pada jenis kecerdsan musikal, kecerdasan naturalis dan kecerdasan interpersonal. Adapun implikasi dari penelitian ini yaitu guru perlu memahami bahwa  multiple intelligences  yang dimiliki siswa merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan pembelajaran. Setiap siswa memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Oleh karena itu penting untuk menerapkan pendekatan individual dalam pembelajaran. Guru dapat memberikan tugas atau proyek yang sesuai dengan jenis kecerdasan masing-masing siswa untuk memaksimalkan potensi mereka.

References


Amir, Almira. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Logaritma, Vol. I, No.01, Januari 2013.

Gardner, Howard. Multiple intelligences (Kecerdasan Majemuk). (Batam: Interaksara, 2003)

OECD. (2019). PISA 2018: Assesment and Analytical Framework

Ramadhani, S., Ellianti, & Zubaidah, T. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa ditinjau dari Multiple Intelligences di MTsN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 8(1), 71-86.

Wulandari, S. P., Rizki, L. M., & Hidayat, A. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Multiple Intelligences dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 124-130.

Johar, R. (2016). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mariana Mariana Mariana, Hanis Ardika Sari, Tini Sondari Royani Putri, Seruni Seruni Seruni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.