Analisis Kesesuaian RPP dengan Penilaian Hasil Belajar Matematika Kelas XI di SMK Guna Bangsa

Maulia Rachmah Hakim, Anita Diah Puspitasari, Selvi Anggraeni, Triandhini Friskhila Nadeak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan penilaian hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Guna Bangsa menggunakan metode kualitatif. Penilaian RPP dilakukan dengan memeriksa konsistensi tujuan, strategi, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa RPP sejalan dengan penilaian hasil belajar matematika. Guru matematika di SMK Guna Bangsa telah merencanakan pembelajaran yang mendukung pengembangan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai siswa. Meskipun demikian, diperlukan pemantauan dan evaluasi berkala untuk memastikan kesesuaian antara RPP dan penilaian hasil belajar terjaga serta memenuhi kebutuhan belajar siswa.


References


Ahmad. A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6 (3), 15928 – 15939. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5470

Ansar, Malik. M., T, Ma’ruf. M. W. (2024). Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pada MA Bustanul Ulum Toddolimae Kabupaten Maros. Al-wajedi Jurnal Studi Islam, 1(1), 27-15. https://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/al-wajedi/article/view/151

Ardiansyah, dkk. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/57/30

Asrul, dkk. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. http://repository.uinsu.ac.id/12958/1/EVALUASI%20PEMBELAJARAN.pdf

Faradila, Z. P. (2024). Peran Perencanaan dalam Mewujudkan Pembelajaran yang aktif dan menarik. Karimah Tauhid, 3(5), 6046-6053. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/13282/5256

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/article/view/937/743

Magdalena, I., dkk. (2020). Analisi Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/828/570

Mangelep, N.O. (2024). Pendekatan Analisis Terhadap Kesulitan Siswa Dalam Menghadapi Soal Matematika Dengan Pemahaman Koneksi Materi Trigonometri. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(2),4358 - 4364. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/27082

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/102/71

Mujiburrahman, dkk. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39-48. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/penaanda/article/view/5019/1414

Nabillah. T., Abadi. A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2 (1c), 659-663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Nawanti, R.D., dkk. (2024). Peran Guru dalam Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(5), 4759-4765. http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/4288/3560

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus YIN Dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. INERSIA, 16(1), 92-104. https://journal.uny.ac.id/index.php/inersia/article/view/31319/13436

Puspitorini, P. (2022). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Optimalisasi Mengajar Guru Bahasa Inggris. JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4649–4655. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1080

Ramadhan, M. F., dkk. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967-10975. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/4885

Ritonga, N.C., & Rahma, I. F. (2021). Analisis gaya belajar VAK pada pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76-86. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/11878

Sanusi. H. (2019). Implementasi Pembelajaran Holistik dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional FKIP, 1, 23-34. http://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/351

Seni, O. S., dkk. (2024). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Agama Katolik Di Sekolah Dasar Katolik Kombandaru. Atma Reksa Jurnal Pastoral dan Kateketik, 3(1), 16-28. https://atmareksa.stiparende.ac.id/index.php/jar/article/view/2

Susanto, D., dkk. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Syarifuddin, Mohammad dan Taufiq, Ahmad. ( 2020). Strategi Mindset System Belajar Kritis Komprehensif. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 94-113. https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/latahzan/article/view/87/75

Yusanto, Yoki. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1), 1-13. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jsc/article/view/7764/5253


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maulia Rachmah Hakim, Anita Diah Puspitasari, Selvi Anggraeni, Triandhini Friskhila Nadeak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.