Pengembangan Media Pembelajaran Video Stop-Motion Pada Materi Bangun Datar Berbasis Etnomatematika

Annisa Fitri Wulandari, Ariqah Anzila Qurani, Avita Anggraini, Rizkia Tiara Putri Gumilar, Abdul Karim

Abstract


Matematika merupakan ilmu abstrak dan konkret yang akan lebih bermakna bila dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu media pembelajaran matematika yang dapat membantu mengenalkan konsep matematika sekaligus budaya adalah video stop-motion berbasis etnomatematika yakni terkait Rumah Adat Riau : Selaso Jatuh Kembar untuk materi bangun datar kelas IV SD.  Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D atau research and development untuk mengembangkan suatu produk sumber belajar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Data yang dikumpulkan dalam menganalisis kebutuhan diambil dengan cara wawancara dengan guru wali kelas IV SD yang juga mengajar matematika di kelasnya. Uji kelayakan media telah diuji bersama rekan mahasiswa dan dosen yang memiliki keahlian di bidang media dan materi pembelajaran guna mendapakan masukan serta saran untuk menyempurnakan media pembelajaran ini. Dengan adanya media pembelajaran video stop-motion  berbasis etnomatematika ini dapat membantu meningkatkan minat belajar dan menumbuhkan kreativitas peserta didik serta memudahkan peserta didik untuk memahami konsep materi bangun datar yang sebelumnya abstrak menjadi lebih konkret.


Keywords


Media Pembelajaran; Bangun Datar; Stop Motion; Etnomatematika.

References


Anwar, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106

Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 336–342. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh penggunaan media clock set terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i3.124

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, J., & Mulyana, M. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775

Ilham, I. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70

Iraratu, M. K., Urath, S., Srue, O., & Nifanngelyau, J. (2021). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Desa Lorulun Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2119–2133. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i12.394

Karim, A., Andayani, R., Nurul Fadilah, R., Magdalena Bebhe, M., Safira, M., Universitas Indraprastra PGRI, M., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., & Matematika, P. (2024). Pengembangan Video Stopmotion Etnomatematika Cerita Rakyat Bawang Merah Dan Bawang Putih Pada Materi Bilangan Bulat Kelas Vii Smp. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(Juni), 307–317. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/729/771

Khoiroh, A. U., Rahayu, A. W., A'yun, A. Q., Rahman, M. R., & Rusydiyah, E. F. (2023). Identifikasi Penerapan Kerucut Pengalaman di Sekolah Dasar Kota Surabaya. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 63-77. https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6309

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020). Efektivitas penggunaan media video berbasis powtoon dalam pembelajaran daring(translation:The effectiveness of using powtoon-based video media in online learning). 1–7. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Retnodari, W., Faddia Elbas, W., & Loviana, S. (2020). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(2009), 15. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2166

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Septiani, R. A., & Abadi, A. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 4(2), 355–361. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2156

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Anwar Us, K. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.448


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Fitri Wulandari, Ariqah Anzila Qurani, Avita Anggraini, Rizkia Tiara Putri Gumilar, Abdul Karim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.