Telaah Instrumen Tes Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas IX SMP Islam Nusantara

Leny Purnamasari, Tatan Zenal Mutakin

Abstract


Penilaian merupakan bagian dari Standar Nasional Pendidikan (SNP). Penilaian bertujuan untuk mengetahui pencapaian peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditentukan kurikulum. Penilaian terbagi menjadi dua bentuk; penilaian terstandar dan penilaian yang belum terstandar. Penilaian terstandar dilakukan oleh badan atau lembaga kompeten di bidang penilaian baik pemerintah maupun swasta. Sementara, penilaian belum standar banyak dilakukan oleh guru di sekolah baik pada saat melakukan tes formatif maupun tes sumatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kualitas instrumen tes yang dibuat guru matematika di SMP Islam Nusantara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Islam Nusantara yang berjumlah 71 siswa. Sementara objek penelitian adalah soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil mata pelajaran matematika yang dibuat oleh guru. Hasil penelitian menyebutkan: 1) Hasil telaah ahli terhadap perangkat soal penilaian akhir semester (PAS) yang dibuat oleh guru matematika kelas IX SMP Islam Nusantara memiliki memiliki tingkat validitas yang baik. Artinya, soal didesain dengan baik, sehingga menghasilkan kualitas rancangan tes yang baik, 2) Hasil analisis empiris menjelaskan bahwa tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, reliabilitas, dan pengecoh saol memiliki kualitas yang baik. Artinya, hasil analisis telaah ahli dengan hasil analisis empiris memiliki hasil yang baik. Hal ini membuktikan telaah ahli terhadap soal sangat diperlukan agar memperolah kualitas soal yang baik dan layak diberikan kepada responden yang akan menjadi objek penelitian.

Keywords


Telaah Instrumen; Pembelajaran Matematika; Instrumen Tes Penilaian Akhir Semester Sekolah Menengah Pertama.

References


Andayani, Triasari & Madani, Faisal, (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 924-930.

Hafidhah, Nur dan Rifa’i, Muhammad Rizal, (2021). Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 di MI. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(1), 11-18.

Handayani, S., Soemarmo., & Haryati, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Memperkenalkan Konsep Pengukuran Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. JKPM (Jurnal Karya Pendidikan Matematika), 4(1), 19-42.

Himah & Muslimah, (2021). Validitas dan Reliabilitas Tes dalam Menunjang Hasil Belajar PAI, Proceedings, Volume 1, Nomor 1

Kusainun, Noven, (2020), Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-7.

Maulana, Andi, (2022), Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa, Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133-139.

Mutakin, Tatan Zenal dan Hakim, Arif Rahman, (2019) Teachers’ Ability in Designing Test Assessments, Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), Atlantis Press.

Putri, Firani & Zakir, Supratman, (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 172-180.

Sutikno, Yadi, (2019) Pentingnya Penilaian Formatif Dosen Terhadap Mahasiswa Pendidikan Keagamaan Buddha, Jurnal Pencerahan, 12(1), 45-53.

Tiban, Farianti A, et al, (2021). Analisis Kualitas Tes Hasil Belajar Matematika Buatan Guru di SMP Negeri 4 Gorontalo, Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 70-77.

Yektiana, Neneng, dan Nursikin, Muhk, (2023). Konsep Dasar Pengukuran, Penilaian, Dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 263–266.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Leny Purnamasari, Tatan Zenal Mutakin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.