Pengembangan Instrumen Literasi Matematis Model PISA dengan Konteks Batik Krakatoa Cilegon untuk Siswa SMP

Violine Cendana S., Syamsuri Syamsuri, Heni Pujiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat dampak potensial instrumen literasi matematis dengan konteks batik Krakatoa Cilegon yang valid dan reliabel pada siswa SMP. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMPN 1 Cilegon. Penelitian ini mengacu pada Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp dengan 5 tahapan yaitu self-evaluation, expert reviews, one to one, small group, dan field test. Penelitian ini menghasilkan 8 soal instrumen literasi matematis dengan konteks Batik Krakatoa Cilegon yang sesuai dengan tingkat literasi matematis menurut PISA serta valid dan reliabel. Instrumen yang dikembangkan mempunyai dampak potensial kemampuan siswa dalam: (1) menggunakan algoritma dasar secara sederhana; (2) mengikuti instruksi dengan jelas yang melibatkan grafik/tabel/gambar; (3) menggunakan dua sumber informasi; (4) menggambarkan dan menggunakan representasi; (5) mampu berpikir komputasi dan visualisasi; (6) mengintegrasikan representasi informasi yang berbeda termasuk simbolik/grafis; (7) memecahkan masalah yang kompleks, mengidentifikasi atau menerapkan batasan; (8) memahami permasalahan abstrak yang menunjukkan kreativitas.

Keywords


Batik Krakatoa Cilegon; Instrument; Mathematical Literacy.

Full Text:

PDF

References


Aini, I. N., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Yaniawati, P. (2022). Developing PISA-like math problems in the content of space and shape through the context of historical buildings. Journal on Mathematics Education, 13(4), 723–738.

Basuki, K.H., Hakim, A.R., Farhan, M. & Tohimin, M.T. (2021). “Pelatihan penyusunan soal berkualitas pada guru matematika di SMP IT Arrahman Jakarta Selatan,” Jurnal Pengabdian Barelang, 03(01), 36–40.

Budiningsih, C. A. (2005). Strategi Pembelajaran Berpijak Pada Budaya Siswa. Jurnal Dinamika Pendidikan, 1(12), 60–70.

Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207.

Dewayani, S., Isaeni, N., Meliyanti, Mayangwuri, S., Panjaitan, F. J., & Nurlaila, R. (2022). Seri Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran di SD dan SMP (pp. 6–12).

Farhan, M., Apriyanto, M. T., Napis, N., & Hakim, A.R. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Analisis Instrumental Tes Bantuan Software Anbuso. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 361-367.

Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, N. A. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Pisa Konten Shape and Space. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 195–204.

Kehi, Y. J., M, Z., & Waluya, S. B. (2019). Kontribusi Etnomatematika Sebagai Masalah Kontekstual dalam Mengembangkan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 190–196.

Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

OECD. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206.

Pasaribu, D. U., & Sukirwan. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Pantun Bambu Cilegon. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 165–173.

Sabrina, S. N., Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Soal Matematika PISA- Like Pada Konten Change and Relationship Menggunakan konteks Jawa Tengah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4’th SENATIK), 318–328.

Sulianto. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25.

Susanta, A., Sumardi, H., Susanto, E., & Retnawati, H. (2023). Mathematics literacy task on number pattern using Bengkulu context for junior high school students. Journal on Mathematics Education, 14(1), 85–102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Violine Cendana S., Syamsuri Syamsuri, Heni Pujiastuti.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Department of Mathematics Education

(Kampus A) TB. Simatupang, Jln. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia.

(Kampus B) Jln. Raya Tengah No.80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia.

Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia

E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.