Analisis Komparasi Pemahaman Siswa/i SMK Negeri dan SMK Swasta pada Materi Barisan dan Deret

Alfiyan Syahrotus Sa'adah, Putri Zahro, Wahyu Dwi Setiawan, Rizky Andika, Asyifa Dwi Yulianti, Putri Andis Aurellia, Nabila Mutia Halisah, Diah Ogah Nusantari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemahaman materi barisan dan deret antara siswa SMK Negeri dan SMK Swasta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner berupa soal pilihan ganda kepada siswa SMK Negeri dan SMK Swasta menggunakan Google Form. Uji prasyarat dilakukan untuk menguji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelompok siswa memiliki pemahaman yang terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, dilakukan uji komparasi menggunakan uji-t untuk membandingkan pemahaman antara kedua kelompok siswa. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pemahaman materi barisan dan deret antara siswa SMK Negeri dan SMK Swasta. Kesimpulannya, siswa SMK Negeri memiliki pemahaman yang lebih baik dibandingkan siswa SMK Swasta dalam materi barisan dan deret. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami perbedaan pemahaman matematika antara siswa dari kedua jenis sekolah tersebut.

References


Angraini, W. D., Aminuyati, & Achmadi. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1-11. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i8.16253

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menungkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Jurnal. 2(2): halaman 194-202.

Depdiknas. (1990). Peraturan Pemerintah Nomor 29, Tahun 1990, tentang Pendidikan Menengah.

Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Kadir. (2009). Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP di Daerah Pesisir Kabupaten Buton Setelah Mendapat Pembelajaran Kontekstual Pesisir. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah (hal. 255-266). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Khasanah, U., & Sutama. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (hal. 78-89). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah bagi Siswa Kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 181-188). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugroho, U. (2018). Mtodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Grobongan: CV Samu Untung.

Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, Tahum 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ramadhiani, A. (2014). AFTA 2015 Menguntungkan Pengembang Lokal. Kompas online, Oktober 2014.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Widyaningtyas, A., Sukarmin, & Radiyono, Y. (2013). Peran Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 136-143.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfiyan Syahrotus Sa'adah, Putri Zahro, Wahyu Dwi Setiawan, Rizky Andika, Asyifa Dwi Yulianti, Putri Andis Aurellia, Nabila Mutia Halisah, Diah Ogah Nusantari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.