Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa

Annisa Hermawati, Sudiyah Anawati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei korelasional dengan analisis korelasi dan regresi sederhana. Populasi target seluruh siswa SMP Al Muhadjirin. Adapun populasi terjangkau dalam penelitian ini hanya siswa kelas VIII SMP Al Muhadjirin Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian sebanyak 36 orang siswa yang diambil dan teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan regresi yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal dan berpola linier. Berdasarkan uji hipotesis dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis berpengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Adapun besarnya kontribusi pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan literasi numerasi adalah 21%.

Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis; Kemampuan Literasi Numerasi; Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan ki hajar dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3). 95-101. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525/16362

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23. Doi:https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Hadi, S & Zaidah, A. (2021). Analisa kemampuan literasi numerasi dan self-efficacy siswa madrasah dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310. Doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119

Junaidi, & Taufiq. (2019). Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan pendekatan kontekstual dan strategi think-talk-write. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 274–290. Doi:https://doi.org/10.32672/si.v20i2.1461

Kaka, A. E. L., Ate, D., & Making, S. R. M. (2022) Analisis kemampuan literasi numerasi siswa smpn 1 kota tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 3(2), 88-96. Doi:https://doi.org/10.53395/jppms.v3i2

Mudrikah, S. (2015). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii madrasah tsanawiyah negeri Pucanglaban. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Tulungagung.

Muliati, M., & Rasmuin, R. (2021). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 4 Baubau. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 9(1), 1-9. Doi: https://doi.org/10.55340/fkip.v9i1.402

Nuraini, T. F., Hakim, A. R., & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VII Pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 39-52. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5935/1538#

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihatini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu. 6(4). 6313-6319. Doi:https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi covid-19. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253-261.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U. S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitain Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (hlm. 1276-1283). Medan. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/331638425


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Hermawati, Sudiyah Anawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.