Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan ki hajar dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3). 95-101. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525/16362
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23. Doi:https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116
Hadi, S & Zaidah, A. (2021). Analisa kemampuan literasi numerasi dan self-efficacy siswa madrasah dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310. Doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119
Junaidi, & Taufiq. (2019). Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan pendekatan kontekstual dan strategi think-talk-write. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 274–290. Doi:https://doi.org/10.32672/si.v20i2.1461
Kaka, A. E. L., Ate, D., & Making, S. R. M. (2022) Analisis kemampuan literasi numerasi siswa smpn 1 kota tambolaka. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 3(2), 88-96. Doi:https://doi.org/10.53395/jppms.v3i2
Mudrikah, S. (2015). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii madrasah tsanawiyah negeri Pucanglaban. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Tulungagung.
Muliati, M., & Rasmuin, R. (2021). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 4 Baubau. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 9(1), 1-9. Doi: https://doi.org/10.55340/fkip.v9i1.402
Nuraini, T. F., Hakim, A. R., & Werdiningsih, C. E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas VII Pada Materi Perbandingan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 39-52. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5935/1538#
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihatini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu. 6(4). 6313-6319. Doi:https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi covid-19. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253-261.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, U. S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitain Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (hlm. 1276-1283). Medan. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/331638425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Annisa Hermawati, Sudiyah Anawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.