Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Di Sekolah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhaddad, I. (2015). Perkembangan Pembelajaran Matematika Masa Kini. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1); 13-26.
Amir, M., T. (2010). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Kencana Perdana media group.
Arends, R., I. (2008). Learning to teach. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (Buku Asli Diterbitkan tahun 2007)
Astuti, E., P. (2017). Representasi matematis mahasiswa calon gurudalam menyelesaikan masalah matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1); 70-82. DOI: http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100.
Cuoco, A., A. (2001). The roles of representation in school mathematics. Yearbook National Council of Teachers of Mathematics.
Damayanti, D., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2291
Farhan, M. & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2): 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.
Febriani, R., Syarifuddin, H., & Marlina, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 749–760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.582
Fitri, N., Munzir, S., Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1); 59-67
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL TA’DIB, 22 (1): 19-25.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1); 85-99.
Januariawan, I., W., Dkk. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Open-Ended. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2): 125–140. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.444
Kurniawan, B., Koranto, D., & Marsini. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1): 27-36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K.N.S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1): 99-110.
Musthofa, A., dkk. (2023). Studi Kepustakaan Pengaruh Media Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 79-92. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p79-92
Rangkuti, A., N. (2013). Representasi Matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(2): 49-61.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2): 33-44.
Saputra, A. W., dkk. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60.
Sari, M., C., P., dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.24
Siahaan, M., dkk. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel SMP Negeri 15 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 433–450. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.349
Simanjuntak, J. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2); 32-39.
Siswondo, R. & Agustina, L. (2021). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33-40.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,10(2); 225-234.
Syafri, F., S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath , 3(1); 49-55.
Utami, P., Junaedi, I., & Hidayah, I. (2018). Mathematical representation ability of students’ grade X in mathematics learning on problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 164-171. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i3.25486.
Venkat, H., & Assien, A., A. (2011). Mathematics in a globalized world. Proceedings of the seventeenth national congress of the association for mathematics education of south Africa (AMESA).Volume 1. Published AMESA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ade Dwi Oktaviani, Muhamad Farhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.