Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Di Sekolah

Ade Dwi Oktaviani, Muhamad Farhan

Abstract


Kemampuan representasi matematis merupakan bagian dari keterampilan yang diperlukan dalam proses pembelajaran matematika sehingga proses pemecahan masalah dapat diselesaikan secara tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui implementasi problem based learning. Penelitian ini digolongkan    dalamstudikepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis. Model problem based learning memberikan stimulus kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, melatih dan membiasakan diri dalam memutuskan permasalahan baik secara individu maupun kelompok kecil, melatih untuk berpikir logis, menganalisis, memecahkan masalah sesuai prosedur yang tepat dan benar sampai pada tahap evaluasi. Aktivitas ini akan membantu siswa dalam proses mengembangkan kemampuan representasi matematis. Dengan demikian model problem based learning  sangat baik   untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yangdapat menunjang dan meningkatkankemampuan representasi matematis siswa di sekolah.

Keywords


Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Alhaddad, I. (2015). Perkembangan Pembelajaran Matematika Masa Kini. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1); 13-26.

Amir, M., T. (2010). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Kencana Perdana media group.

Arends, R., I. (2008). Learning to teach. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (Buku Asli Diterbitkan tahun 2007)

Astuti, E., P. (2017). Representasi matematis mahasiswa calon gurudalam menyelesaikan masalah matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1); 70-82. DOI: http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100.

Cuoco, A., A. (2001). The roles of representation in school mathematics. Yearbook National Council of Teachers of Mathematics.

Damayanti, D., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2291

Farhan, M. & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2): 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.

Febriani, R., Syarifuddin, H., & Marlina, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 749–760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.582

Fitri, N., Munzir, S., Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1); 59-67

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL TA’DIB, 22 (1): 19-25.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1); 85-99.

Januariawan, I., W., Dkk. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Open-Ended. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2): 125–140. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.444

Kurniawan, B., Koranto, D., & Marsini. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Practice of the Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1): 27-36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K.N.S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1): 99-110.

Musthofa, A., dkk. (2023). Studi Kepustakaan Pengaruh Media Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 12(01), 79-92. https://doi.org/10.26740/jpte.v12n01.p79-92

Rangkuti, A., N. (2013). Representasi Matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(2): 49-61.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2): 33-44.

Saputra, A. W., dkk. (2022). Menumbuhkembangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 49-60.

Sari, M., C., P., dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.24

Siahaan, M., dkk. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel SMP Negeri 15 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 433–450. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.349

Simanjuntak, J. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2); 32-39.

Siswondo, R. & Agustina, L. (2021). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33-40.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,10(2); 225-234.

Syafri, F., S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath , 3(1); 49-55.

Utami, P., Junaedi, I., & Hidayah, I. (2018). Mathematical representation ability of students’ grade X in mathematics learning on problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 164-171. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i3.25486.

Venkat, H., & Assien, A., A. (2011). Mathematics in a globalized world. Proceedings of the seventeenth national congress of the association for mathematics education of south Africa (AMESA).Volume 1. Published AMESA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Dwi Oktaviani, Muhamad Farhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.