Pengembangan Media Permainan Kartu “KAMBAR” Untuk Pembelajaran Matematika Materi Aljabar Pada Siswa SMK

Annisa Nuraini, Widiyawati Widiyawati, Laila Rizki Apriliani, Ratna Dini Damayanti

Abstract


Media pembelajaran dapat dijelaskan yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan buat menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehinngga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik buat belajar. Media pembelajaran dapat digunakan buat membangun syarat belajar yang konkret. Penelitian ini bertujuan buat membuatkan media pembelajaran berupa media permainan kartu “KAMBAR (Kartu Main Aljabar)”. Kartu ini di buat pembelajaran matematika pada peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan kelas X-TEI 2 di materi bentuk aljabar dan buat mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media permainan kartu main aljabar. model pengembangan yang digunakan ialah model Sugiyono yang dimodifikasi menjadi lima langkah yaitu potensi dan duduk perkara, data, desain produk, validasi serta revisi produk, dan uji coba produk. Subjek penelitian ini artinya siswa Sekolah Menengah Kejuruan kelas X-TEI 2 menggunakan menggunakan skala kecil sebanyak 10 orang peserta didik. Instrument penelitian yang dipergunakan di penelitian ini adalah lembar validasi Media Pembelajaran dan angket respon peserta didik. Media permainan Kartu “KAMBAR” pada materi bentuk aljabar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dipergunakan buat peserta didik SMK kelas X

Keywords


Pengembangan Media Permainan Kartu; Pembelajaran Matematika SMK; Materi Aljabar.

References


Agustin, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO Pada Materi Bank Untuk Siswa Kelas X II S MAN 2 Lamongan. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 6, 144-149.

Halimi, A., & Agustini, F. (2021). Analisis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok dengan Menggunakan Model Konstruktivisme Berbasis Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 10-16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/29859

Manurung, E. N., Prihatini, L., Hudriyah, M., Khoirunnisa, C. S., & Pratiwi, N. (2021). Upaya menciptakan belajar matematika yang menyenangkan di masa pandemi dengan menggunakan alat peraga pada materi bangun datar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(1), 73–81. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPKA/article/view/12860

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (1st ed.). Deepublish https://books.google.com/books/about/Media_Pembelajaran_Matematika.html?id=jHGNDwAAQBAJ

Putra, L. V. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivistik Dengan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sdn Piyanggang 02. Jurnal AKRAB JUARA, 4(1), 124–131. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/470/393

Ratuanik, M., Watunglawar, Y., & Nay, F. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, 1(2), 12-26. https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/leibniz/article/view/52

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Tanjung, Y. T., & Nasution, A. F. (2020). Pelatihan perancangan dan aplikasi alat peraga matematika sekolah menengah pertama. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 436–440. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/509

Tyaningsih, R. Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Geometri Ruang Berbasis Van Hiele Levels Untuk Siswa SMA Kelas X Semester 2. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 171-186. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/236

Wiratomo, Y., Karim, A., & Apriyanto, T. (2018). Pengembangan film animasi matematika barisan dan deret bilangan kelas III SD menggunakan stop motion studio. Prosiding SENAMKU, 1, 141-152. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2731

Yuniarti, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (POE) pada Pembelajaran Geometri di Kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71-78. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3327/pdf

Zaki, M., Anwar, A., & Amalia, R. (2021). Workshop Manipulasi Alat Peraga Matematika Untuk Guru SD Kota Langsa Aceh. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 103–107. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.39


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Nuraini, Widiyawati, Laila Rizki Apriliani, Ratna Dini Damayanti.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.