Strategi Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Nilai Matematika Siswa

Daud Abdul Fathoni, Dewi Safitri, Daffa Rifdah Faadiyah, An-nisa Lucky Putri, Shendi Shendi

Abstract


Penelitian ini berfokus pada peran strategi komunikasi guru dalam meningkatkan nilai matematika siswa di SMK Negeri 50 Jakarta. Kemampuan matematika memiliki dampak penting dalam perkembangan siswa, dan guru memainkan peran sentral dalam proses pembelajaran. Strategi komunikasi guru memengaruhi pemahaman dan motivasi siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini menganalisis penggunaan berbagai metode komunikasi dalam meningkatkan pemahaman siswa dan hasil akademik mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian strategi komunikasi yang efektif berkontribusi signifikan pada peningkatan nilai matematika siswa. Hasil ini dapat membantu pengembangan praktik pengajaran yang lebih efektif dan pelatihan guru yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam konteks pendidikan matematika yang dinamis dan kompleks

Full Text:

PDF

References


Asis, M., Arsyad, N., & Alimuddin (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 78-87. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1320

Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135-142. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5277

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, 1338-1347. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/298/174

Hakim, A. R., Saputro, R. I. H., Jamaludin, J., & Mulyana, M. (2020). Pengembangan Media Informasi Statistika (MISTIK) untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 419-430. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4775/757

Halimi, A., & Agustini, F. (2021). Analisis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok dengan Menggunakan Model Konstruktivisme Berbasis Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 10-16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/29859

Ismawati. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Pagalaram Tentang Sifat-sifat Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 230–234. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1001

Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.1911

Manurung, E. N., Prihatini, L., Hudriyah, M., Khoirunnisa, C. S., & Pratiwi, N. (2021). Upaya menciptakan belajar matematika yang menyenangkan di masa pandemi dengan menggunakan alat peraga pada materi bangun datar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(1), 73–81. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPKA/article/view/12860

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (1st ed.). Deepublish https://books.google.com/books/about/Media_Pembelajaran_Matematika.html?id=jHGNDwAAQBAJ

Mitasari, D., Adha, I., & Fitriyana, N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Selangit. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2), 60-67. https://doi.org/10.31540/jmse.v2i2.528

Nugraha, D. A., & AA. Gde Somatanaya. (2018). Pelatihan Perancangan dan Aplikasi Alat Peraga Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(2), 186–191. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jps/article/view/287

Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Untuk Sekolah Dasar Memanfaatkan Bahan Bekas di Sd Negeri 01 Padang Air Dingin. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(1), 102–108. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.20

Pangaribuan, F., & Pangaribuan, R. K. (2021). Pengembangan Alat Peraga Dari Limbah Plastik Untuk Materi Geometri Bidang Datar Jenjang Sekolah Dasar [Creating Teaching Aid From Plastic Waste on Plane Geometry in Elementary School]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 31-43. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3528

Putra, L. V. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivistik Dengan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sdn Piyanggang 02. Jurnal AKRAB JUARA, 4(1), 124–131. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/470/393

Ratuanik, M., Watunglawar, Y., & Nay, F. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, 1(2), 12-26. https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/leibniz/article/view/52

Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3116/pdf_1

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Tanjung, Y. T., & Nasution, A. F. (2020). Pelatihan perancangan dan aplikasi alat peraga matematika sekolah menengah pertama. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 436–440. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/509

Tyaningsih, R. Y. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Geometri Ruang Berbasis Van Hiele Levels Untuk Siswa SMA Kelas X Semester 2. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 171-186. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/236

Wiratomo, Y., Karim, A., & Apriyanto, T. (2018). Pengembangan film animasi matematika barisan dan deret bilangan kelas III SD menggunakan stop motion studio. Prosiding SENAMKU, 1, 141-152. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2731

Yuniarti, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Predict, Observe, Explain (POE) pada Pembelajaran Geometri di Kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71-78. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3327/pdf

Zaki, M., Anwar, A., & Amalia, R. (2021). Workshop Manipulasi Alat Peraga Matematika Untuk Guru SD Kota Langsa Aceh. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 103–107. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.39


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Daud Abdul Fathoni, Dewi Safitri, Daffa Rifdah Faadiyah, An-nisa Lucky Putri, Shendi Shendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.