Pengembangan Media Papan Pecahan terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Dasar

Nadia Putri Dwi Fitriana, Indra Martha Rusmana, Idha Isnaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran matematika berupa papan pecahan bagi siswa kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahap sistematis yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil berdasarkan penelitian dan pembahasan secara singkat dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan pecahan ini memiliki kriteria layak dengan perolehan presentase dari ahli media sebesar 83,5%, ahli materi sebesar 82,67%, ahli bahasa sebesar 77%, hasil Post-test siswa sebesar 86% dan uji coba skala kecil sebesar 95,5%. Sehingga tingkat validasi media pembelajaran papan pecahan terhadap pemahaman konsep matematika siswa ini diinterprestasikan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar pada peserta didik Sekolah Dasar Kelas III.

Keywords


Media Pembelajaran; Papan Pecahan; Pemahaman konsep; Matematika

Full Text:

PDF

References


Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32. Diakses dari https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fadillah, A. 2018. Pengembangan Media Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36-42. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Farida, N., Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2019). Tingkat Pemahaman Konsep dan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah 2. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4 (2). 135-146. Diakses dari http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.2897

Hadi, S. & Kasum, M.U. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair cheks). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3 April, 59-66. Diakses dari http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). Diakses dari http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128

Kurniawarsih, Mila dan Indra Martha Rusmana. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. Vol. 1 No. 1 (2020). https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.11.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2). Diakses dari http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Lestari, I. A., Amir, H., & Rohiat, S. (2017). Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaram 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia. Alotrop: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(2). Diakses dari https://doi.org/10.33369/atp.v1i2.3525

Listyaningsih, F. N. I. A. (2022). Penggunaan Alat Peraga Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pokok Pecahan Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari. Undergraduate Thesis. IAIN Ponorogo. Diakses dari http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19326

Nuraeni, M. E., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 975-982. Diakses dari https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983

Nuritta, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT : Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah. Vol. 3 No. 1. Diakses dari https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Parung, A. E., & Werdiningsih, C. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 4 Sanonggoang Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1). Diakses dari https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5485

Rezi, H. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Bukittinggi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Bukittinggi.

Rusmana, I. M. (2015). Efektifitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). Diakses dari http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.102

Saputra, H., D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18 (1), 25-30. Diakses dari https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharya, dkk. (2018). Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Bogor : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Utami, mulia. (2022). Hubungan antara Kedisiplinan dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV, V MI Miftahul Huda Lopait tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Universitas Islam Negeri Salatiga. Diakses dari http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14527


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadia Putri Dwi Fitriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
HIMPUNAN : Jurnal Ilmiah Mahasiswa is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.