Analisis Pengaruh Banyaknya Tugas Kuliah Dan Refreshing Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI

M. Dimas, Ardi Bagus Martua, M. Rafly, Jhon Hotdiaman, Adetia Ari Purnomo

Abstract


Tugas merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk mendapatkan nilai yang bagus. Permasalahan banyaknya tugas yang diberikan, cenderung membuat mahasiswa kelelahan hingga nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak memuaskan. Juga, kegiatan refreshing berpengaruh karena tenaga dan pikiran mahasiswa perlu berekreasi agar beristirahat.  Permasalahan mengenai pengaruh banyaknya tugas dan refreshing terhadap IPK menjadi pemicu untuk menginspirasi penulis membuat penelitian terhadap banyaknya tugas dan refreshing kepada indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuktikan hal itu dengan cara mengumpulkan data dengan metode survey ekspos facto dan wawancara terhadap 30 orang responden yang semuanya mahasiswa aktif kelas R3G Jurusan Teknik Industri, setelah itu data diolah menggunakan metode Regresi Linier Berganda untuk membuktikan hipotesis yang ada. Hasilnya adalah Ho diterima atau terdapat pengaruh antara banyaknya tugas dan banyaknya refreshing terhadap nilai IPK mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Fitriany, D., dkk. 2019. Pengaruh Iq Dan Frekuensi Kehadiran Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Vol 10 No 10.

Hadi, Gunawan, Dalle. 2018. Statistika Inferensial Teori Dan Aplikasinya. Rajawali Pers. Surabaya.

Hidayat, Sadewa. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Vol 4 No 1, 321 – 328.

Janice, Astrella. 2014. Studi Tentang Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bpmd) Dalam Pembangunan Desa Di Desa Tanjung Lapang Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau. Vol 3 No 3.

Nuryadi, Tutut, dkk. 2017. Dasar – Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media. Yogyakarta.

Nopianti, R., Toto. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Praktikum Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Vol 7 No 1.

Purnomo, D., dkk. 2019. Prediksi Tingkat Produksi Pempek Farel Menggunakan Regresi Linear. Vol 10 No 10.

Seto, M. N., dkk. 2019. Analisis Pengaruh Waktu Bermain Game Online Dan Waktu Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Vol 10 No 10.

Sugiyono, M., Endang. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung. Vol 10, 21 – 38.

Zaki M, Saiman. 2021. Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. Vol 4 No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.