Analisis Sistem Antrian Guna Mengoptimalisasikan Pelayanan Pada Kios Minuman (Food Court)

Hanum Tiara Shabrina, Randi M. Putra, Anwar Safi’i, Nur Hidayat, Muhammad Ikbal, Maulana Syauqi

Abstract


Antrian sering dijumpai dalam kegiatan sehari-hari. Seseorang diharuskan untuk menunggu suatu hal atau kegiatan disemua sektor termasuk sektor industri makanan dan minuman. Permasalahan yang terjadi pada saat ini, yaitu adanya antrian pelanggan saat melakukan kegiatan pelayanan pada kedai minuman, dimana para pelanggan sering kali mengalami antrian yang cukup lama saat melakukan pelayanan dan pemesanan. Tujuan pada penelitian ini, yaitu dapat menganalisa sistem antrian dan mendapatkan cara optimal untuk mengurangi antrian pelanggan pada kedai minuman. Struktur model antrian yang terjadi di kedai minuman adalah Multi channel – single phase dan disiplin aturan yang digunakan oleh kedai minuman menerapkan sistem First Come First Serve (FCFS). Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem antrian yang diterapkan pada kios minuman lebih baik menggunakan tetap 2 pegawai, karena terdapat berbedaan waktu yang sangat jauh, yang manfaatnya lebih menghemat waktu antrian pelanggan. Jika menggunakan 1 pegawai, pelanggan harus menunggu 1,25 jam atau 75 menit untuk mendapatkan pesanannya. Sedangkan jika menggunakan 2 pegawai, pelanggan hanya menunggu 6,6 menit untuk untuk mendapatkan pesanannya. Penggunaan 2 pegawai juga masih akan tetap optimal jika terjadi peningkatan pelanggan dikemudian harinya.

Full Text:

PDF

References


H. Prisilia, P. Studi, T. Industri, and F. Teknik, “Penerapan Metode

Antrian Untuk Mengantisipasi,” vol. XV, no. 2, pp. 1–10, 2015.

T. Wijaya, Y. T. Suyoto, and D. Hulu, “Analisis dan Optimasi

Sistem Antrian di Gerai Minuman Cepat Saji,” J. SNTI, no. ISSN:

, 2019.

A. Erlangga, D. Prasetyanto, and B. W. Widianto, “Tingkat

Pelayanan Check-In Counter Lion Air Di Bandara Internasional

Husein Sastranegara Kota Bandung Menggunakan Metode

Antrian,” J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2016.

N. Djamal and H. E. Maulana, “Analisis Antrian Kapal di Dermaga

Pelabuhan Banten,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol.

, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.30656/intech.v4i1.855.

M. Hilman, N. K. N, and P. N. Utomo, “OPTIMASI PELAYANAN

PADA SPBU PD. ALADDIN 4 BANJARSARI DENGAN

METODE ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE,”

J. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 30–41, 2019.

Y. Safitri and M. Ms, “Analisis Manajemen Fleet Pada Kegiatan

Produksi Batu Andesit Dalam Penerapan Metode Antrian di PT

Koto Alam Sejahtera, Kabupaten Lima Puluh Kota,” J.

BinaTambang, vol. 3, no. 4, 2019.

D. Indrajaya and R. Cornellia, “Analisis Model Antrian Loket

Transaksi pada PT. POS Indonesia (persero) Kantor Cabang

Sawangan dengan Menggunakan Software Promodel,” STRING

(Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 170, 2018,

doi: 10.30998/string.v3i2.2828.

R. Cornellia, “Analisis Antrian pada Loket Pembuatan Elektronik

KTP dengan Menggunakan Simulasi Promodel,” STRING (Satuan

Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 119, 2018, doi:

30998/string.v3i2.2763.

D. K. Sofyan and S. Meutia, “Penerapan Metode Antrian Dalam

Menentukan Fasilitas Yang Optimal Pada Spbu Mawaddah,” J.

Optim., vol. 3, no. 5, pp. 77–88, 2018, doi: 10.35308/jopt.v3i5.273.

A. Vendhi Prasmoro, M. Widyantoro, and W. Warniningsih,

“Optimalisasi Pelayanan Dengan Metode Antrian Pada Spbu Abc,”

J. Rekayasa Lingkung., vol. 20, no. 1, pp. 42–51, 2020, doi:

37412/jrl.v20i1.41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.