Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Analisis P-Chart Untuk Mengetahui Penyebab Produk Rusak Di PT. Krakatau Steel

Gusnandi Dwi Putra, Putera Aji Pangestu, Intan Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk meminimalkan tingkat kerusakan produk yang terjadi pada pabrik besi dan baja. PT Krakatau Steel merupakan salah satu perusahaan besar yang berada di Cilegon, Banten, dimana perusahaan ini bergerak di bidangĀ  industri besi dan baja yang memproduksi pipa spiral pertama kali di Indonesia. Dari penelitian ini diambil selama 5 bulan, sehingga dapat diidentifikasikan kerusakan pada sejumlah sample. Kerusakan produk pada data di subgroup 4 yang diobservasi pada tanggal 19 November 2019 dengan populasi kerusakan sebesar 0,15. Produk tersebut dikatakan sebagai produk rusak atau cacat dikarenakan melebihi nilai batas kendali atas yaitu sebesar 0,124, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pekerja yang kurang berhati-hati saat produksi berlangsung, kerusakan pada mesin produksi. Berdasarkan diagram pareto bahwa kerusakan yang paling besar terjadi pada bentuk produk yang tidak rapi yaitu sebesar 35,2 %. Bentuk produk yang tidak rapi biasa disebabkan akibat cetakan pada mesin produksi yang sudah rusak serta penempatan produk jadi yang tidak tepat sehingga produk menjadi tidak maksimal.


Full Text:

PDF

References


Yani,Soeti Ari. 2018. Analisis Pengawasan Kualitas Produk Dengan Menggunakan Metode P-Chart Untuk Meminimalkan Tingkat Keruskan Produk Pada UKM Sepatu.Journal for business and entrepreneur. Vol.02,No. 01, Januari-Juni.

Polomarto Satrio Derry. Dkk .2013. Implementasi Pengendalian Kualitas Pada Proses Pada Kualitas Produk Karton Kotak Makan Duplex 22X22X8CM UD Wing On Surabaya. Jurnal Ilmiah mahasiswa, Vol.2,No. 1.

Afriyanti Ria. 2013.Analisis Kualitas Produk Sepatu Tomkins. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol.4, NO.1.

Ekawati Ratna.Dkk. 2017. Analisis Kendali P Yang Distandarisasi Dalam Proses Produksi Regulator Set Fujiyama. Jurnal Teknik Industri. Vol.5. NO.1.

Sagala Ningsih Prihatin.2017. Pengendalian Kualitas Statistik Pada Tingkat Kesulitan Mata Kuliah Menggunakan Data Atribut Control Chart (P-Chart) Mahasiswa Prodi Matematika Unimed. Jurnal Tarbiyah, Vol.24, NO.1 Januari-juni.

Sihmawati Rahayu Rini. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Laminating Board Di PT. Timur Selatan Pare Kediri. Jurnal Teknik Industri Heuristic, Vol.11 NO.1, April 2014.

Wibowo Heri. Dkk . 2017. Analisis Peta kendali Dalam Mengidentifikasi Kerusakan Pada Produk Batang Kawat PT. Krakatau Steel (Persero)Tbk. Seminar Nasional Teknik Industri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.